Sukses

KTT Korea Utara - Korea Selatan Sepakati Denuklirisasi Penuh

Liputan6.com, Panmunjom - Moon Jae-in mengumumkan bahwa Kim Jong-un telah menyepakati denuklirisasi total Korea Utara dalam KTT Korea Utara - Korea Selatan di Peace House, Panmunjom, pada Jumat, 27 April 2018.

"Pemimpin (Chairman) Kim Jong-un dan saya telah sepakat bahwa denuklirisasi penuh (complete) akan dicapai, dan itu adalah tujuan bersama kami," kata Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in seperti dikutip dari CNN (27/4/2018).

Hal itu ia utarakan dalam pernyataan pers bersama dengan Kim Jong-un, usai keduanya menandatangani Panmunjom Declaration for Peace, Prosperity and Unification on the Korean Peninsula -- dokumen hasil dialog bersama KTT Korea Utara - Korea Selatan yang ditandatangani oleh kedua pemimpin.

Di sisi lain, dalam kesempatan yang sama, Kim Jong-un tidak menyebut secara langsung perihal denuklirisasi.

Kendati demikian, Kim Jong-un mengatakan, "Kami bukan masyarakat yang harus berkonfrontasi satu sama lain ... kami harus hidup dalam kesatuan."

Kesepakatan Deklarasi Bersifat Mengikat

Meski tidak menyebut secara langsung perihal denuklirisasi, dokumen Panmunjom Declaration for Peace, Prosperity and Unification on the Korean Peninsula yang ditandatangani oleh kedua pemimpin secara jelas 'mengonfirmasi tujuan bersama untuk merealisasi Semenanjung Korea yang bebas nuklir, melalui denuklirisasi penuh'.

"Korea Selatan dan Utara memiliki pandangan bahwa langkah yang diinisiasi oleh Korea Utara sangat berarti dan krusial untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea dan sepakat untuk mengambil peran dan kewajiban masing-masing untuk hal tersebut," bunyi kutipan deklarasi itu.

"Korea Selatan dan Utara sepakat untuk secara aktif mencari dukungan dan kerja sama komunitas internasional untuk denuklirisasi Semenanjung Korea," lanjut dokumen tersebut.

Sementara itu, ketika pers menanyakan perihal Kim Jong-un yang tidak menyebut denuklirisasi, Juru Bicara Kepresidenan Korea Selatan mengatakan, "Dokumen itu merupakan kesepakatan yang mengikat. Pidatonya tidak."

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Perang Korea Berakhir

Korea Utara dan Korea Selatan juga mengumumkan berakhirnya Perang Korea, yang membuat kedua negara bermusuhan selama 65 tahun terakhir.

Hal itu disampaikan langsung oleh kedua pemimpin Korea dalam agenda KTT Korea Utara-Korea Selatan yang diselenggarakan di The Peace House, hari ini. 

Deklarasi tersebut secara resmi disebut "Deklarasi Panmunjom untuk Perdamaian, Kemakmuran, dan Penyatuan di Semenanjung Korea", setelah seharian rapat penuh dan percakapan pribadi selama 30 menit, pada satu jam terakhir pertemuan antara Kim Jong Un dan Presiden Moon Jae-in.

"Kedua pemimpin dengan sungguh-sungguh menyatakan... bahwa tidak akan ada lagi perang di Semenanjung Korea dan era baru perdamaian telah dimulai," tulis deklarasi KTT Korea Utara-Korea Selatan itu, seperti dikutip dari CNN pada Jumat (27/4/2018).

Greget, Pria Makan Buah Naga dalam Sekali Telan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kim Jong-un dan Moon Jae-in: Perang Korea Berakhir
Artikel Selanjutnya
Kim Jong-un: Sejarah Baru Akan Dimulai...