Sukses

Detik-Detik Pesawat Saudi Mendarat Darurat Tanpa Roda Depan

Liputan6.com, Jeddah - Penerbangan Saudi Arabian Airlines (Saudia) dari Madinah ke Dhaka melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah. Peristiwa itu mengakibatkan lebih dari 50 penumpang terluka.

Biro Investigasi Penerbangan Arab Saudi, dalam laporan awalnya, mengatakan bahwa 52 penumpang menderita luka ringan.

Penerbangan SV3818 mengalami kerusakan roda depan, lalu terpaksa memutari sekitar Jeddah selama beberapa jam sebelum mendarat dengan selamat pada pukul 22.00 waktu setempat.

Dikutip dari arabianbusiness.com, Rabu (23/5/2018), 141 penumpang dan 10 awak kemudian dievakuasi melalui perosotan darurat Airbus 330.

Berikut ini rekaman detik-detik pendaratan darurat pesawat tersebut yang terekam netizen.

Juru bicara Saudi Arabian Airlines, Abdulrahman al-Tayeb, menjelaskan bahwa penerbangan itu lepas landas dari Madinah pada Senin 21 Mei pukul 20.00 malam waktu setempat. Menuju Bandara Dhaka di Bangladesh.

Pada awal penerbangan, pilot pesawat Saudi itu mendeteksi ada masalah pada sistem hidrolik pesawat sehingga diputuskan untuk mengalihkan penerbangan ke Jeddah.

"Ketika upaya pendaratan dilakukan, roda depan tidak bisa diturunkan," kata al-Tayeb kepada media lokal.

"Setelah beberapa kali mencoba, mereka memutuskan untuk mendarat tanpa menurunkan roda depan. Semua tindakan pencegahan yang diperlukan sudah dilakukan. Pesawat mendarat dengan selamat bersama 141 penumpang dan 10 awak," papar al-Tayeb.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesawat Putar Balik Akibat Api Menyala dari Mesin

Pendaratan darurat juga pernah dialami pesawat Southwest Airlines belum lama ini. Prosesi itu dilakukan setelah dilaporkan ada masalah pada bagian mesin.

Satu mesin di sebuah pesawat milik Southwest Airlines dilaporkan terbakar saat penerbangan pada Senin, 26 Februari 2018 pagi waktu setempat, memaksa kapal terbang tersebut untuk putar balik dan mendarat darurat di bandara Salt Lake City sesaat setelah lepas landas. Demikian dilaporkan afiliasi CNNKUTV.

"Pilot dalam penerbangan menuju ke Los Angeles itu melakukan pendaratan darurat," kata juru bicara Bandara Internasional Salt Lake City, Nancy Volmer seperti dikutip dari CNN, Rabu 28 Februari 2018.

Bagi, Crystal Bangerter, saksi mata, melihat api yang membakar mesin pesawat adalah pengalaman traumatis. Sebab, itu adalah penerbangan pertamanya.

"Tiba-tiba ada ledakan besar," kata Crystal pada KUTV. "Saya melihat sekitar lalu memandang ekspresi wajah suamiku dan langsung tahu bahwa ada yang tak normal."

Penumpang lain, Traci Scarce mengatakan bahwa dia mendengar suara ledakan yang terdengar seperti suara bom.

Tak lama kemudian beredar sebuah video dari darat menunjukkan pesawat di udara saat nyala api berkobar dari salah satu mesin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.