Sukses

Arab Saudi Klaim Cegat Tembakan Rudal Houthi ke Kamp Militer

Houthi di Yaman menembakkan rudal balistik ke Arab Saudi pada 19 Mei 2018. Saudi mengklaim berhasil mencegat misil itu.

Liputan6.com, Sana'a - Pemberontak Houthi di Yaman menembakkan rudal balistik ke Arab Saudi pada 19 Mei 2018. Demikian dilaporkan kantor berita Yaman yang dikuasai Houthi, Saba News Agency.

Rudal itu mengarah ke kamp radar militer Saudi yang terletak di Kota Khamis Mushait, di perbatasan bagian selatan Arab Saudi. 

Houthi, melalui Saba, mengklaim bahwa rudal itu "dengan tepat menghantam sasaran militer tersebut". Demikian seperti dikutip dari Antara (20/5/2018).

Di sisi lain, Arab Saudi mengklaim berhasil mencegat rudal balistik yang ditembakkan Houthi ke Khamis Mushait, menurut laporan media pemerintah Saudi, Al Arabiya.

Saudi mengklaim berhasil menembak jatuh rudal itu di daerah gurun di Khamis Mushait, sebelum misil mencapai sasaran.

Kolonel Turki Al-Maliki, Juru Bicara Koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman mengatakan rudal Houthi itu ditembakkan dari wilayah Yaman dan dicegat pada 19 Mei pukul 18.14 waktu setempat.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selang Beberapa Hari Usai Insiden Serupa

Serangan rudal terbaru itu hanya berjarak beberapa hari dari insiden serupa sebelumnya.

Pada Selasa 15 Mei, Houthi menembakkan rudal balistik ke pangkalan militer Saudi di Kota Jazan dan Najran di selatan Arab Saudi.

Tapi pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi menyatakan rudal tersebut dicegat. Rudal itu, menurut klaim Saudi, berjumlah dua.

Kota besar perbatasan di Arab Saudi telah menjadi sasaran utama serangan rudal semacam itu, dan kebanyakan dikatakan telah dicegat.

Arab Saudi telah memimpin koalisi militer melawan gerilyawan Houthi untuk mendukung pemerintah Yaman di pengasingan selama tiga tahun terakhir ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.