Sukses

Kuliner Swiss Jadi Sajian 'Diplomasi' Korea Selatan untuk Kim Jong-un

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan akan menyajikan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kuliner kesukaan masa mudanya, Rosti atau Roshcti khas Swiss, pada Konferensi Tingkat Tinggi antar Pemimpin Korea atau Inter-Korea Summit pada 27 April 2018 nanti.

Hal itu diutarakan oleh Istana Kepresidenan -- Blue House -- Korea Selatan, seperti dilansir The Guardian, Selasa (24/4/2018).

Sementara itu, The Blue House juga mengabarkan bahwa Presiden Korea Selatan Moon Jae-in turut disajikan menu istimewa pula -- seistimewa perhelatan akhir pekan nanti.

Kedua pemimpin dijadwalkan akan melakukan santap malam bersama pada Jumat, 27 April. Setelah itu, rangkaian dialog Inter-Korea Summit, yang dilaksanakan di Panmunjom Peace Village, dimulai.

Roshcti merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama kentang. Tradisionalnya, sajian itu merupakan menu yang biasa dimakan oleh petani dan para kerah biru di Bern, dan seiring waktu, populer di seantero Negeri Alpen.

Masyarakat Swiss mendeklarasikan (self-declare) makanan itu sebagai kuliner nasional negaranya.

Tak jelas figur yang mengusulkan agar menu itu disajikan kepada Kim Jong-un.

Tapi, jika makanan itu memang dipilih secara khusus oleh pihak Korea Selatan, maka, hal tersebut dapat dianggap sebagai 'langkah diplomasi' Negeri Ginseng untuk 'memenangkan hati' Kim Jong-un jelang Inter-Korea Summit.

Lagipula, cukup beralasan jika menu itu dipilih sebagai sajian diplomasi. Karena, berbagai laporan menyebut bahwa Kim Jong-un menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Swiss, menempuh pendidikan dasar hingga tinggi.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

1 dari 2 halaman

Mie hingga Anggur Merah

Makanan lain yang akan disajikan dalam menu santap malam bersama pada Jumat, 27 April meliputi, mie dingin ala Pyongyang yang bernama naengmyeon -- pasta yang disajikan dalam kaldu daging dingin.

"Presiden Moon telah meminta mie dingin bergaya Pyongyang dari Okryu Gwan dimasukkan dalam menu dan Korea Utara dengan senang hati menerima," kata Juru Bicara Kepresidenan The Blue House, Kim Eui-kyeom.

Okryu Gwan adalah restoran terkenal Korea Utara yang terkenal dengan hidangannya, dan memiliki cabang di Tiongkok juga.

Mie dingin akan dibuat oleh kepala koki Okryu Gwan, yang akan melakukan perjalanan ke Panmunjom di mana kedua pemimpin akan bertemu pada hari Jumat, kata juru bicara The Blue House.

Kim Jong-un dan Moon Jae-in juga akan disajikan anggur harum yang terbuat dari azalea.

Mereka juga akan disajikan munbaeju, minuman beralkohol dengan ABV (alcohol based volume) 40 persen yang berasal dari Korea Utara -- yang sekarang secara tradisional juga dibuat di Korea Selatan.

Artikel Selanjutnya
3 Tokoh Asing Ini Dihabisi di Malaysia, Kasusnya Masih Misterius
Artikel Selanjutnya
Kim Jong-un Jenguk Korban Kecelakaan Bus Wisata