Sukses

Salon di Brasil Gelar Kursus Merias Wajah untuk Perempuan Tunanetra

Liputan6.com, Sau Paulo - Sebuah salon kecantikan di Sau Paulo, Brasil, menyelenggarakan kursus teknik bersolek dan merias bagi sejumlah perempuan penyandang tunanetra.

Tujuannya mulia, demi menumbuhkan rasa percaya diri para kaum hawa difabel itu.

Para perempuan tunanetra itu belajar beragam teknik rias untuk dirinya sendiri, seperti menyapukan maskara, eye-liner dan merapikan bulu mata.

Mereka bahkan belajar bagaimana memakai bulu mata palsu. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (21/4/2018).

"Orang-orang mengatakan mengapa kamu merias wajah jika kamu tidak bisa melihatnya. Namun saya sangat bahagia karena saya bisa melakukannya dengan percaya diri," kata Ana Paula de Camargo, seorang ibu rumah tangga berusia 20 tahun, sembari meminta seorang instruktur untuk memfoto dia.

Kursus rias gratis itu diadakan di asosiasi Laramara untuk tunanetra di bagian barat Sao Paulo diberikan oleh Jacques Janine salon.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghilangkan Ketakutan

Kursus ini bertujuan membantu para perempuan mengatasi kesulitan-kesulitan ketika merias wajah.

Titik-titik Braille pada kemasan kosmetik membantu mereka memilih warna dan kuas-kuas yang mereka butuhkan.

"Bisa merias wajah secara mandiri tanpa bantuan orang lain dan menghilangkan ketakutan melakukan kesalahan rasanya menyenangkan," kata Alexandra da Silva, 47 tahun, sembari memoleskan lipstik berwarna lembayung pada sepasang bibirnya.

"Siapa bilang saya tidak bisa melihat wajah saya?. Mungkin tidak seperti orang lain. Tapi saya membayangkan wajah saya dan saya percaya, saya cantik," kata Maria Mirian Callange, seorang praktisi akupuntur berusia 44 tahun.

"(Setelah belajar) Sekarang saya bisa makin cantik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.