Sukses

Detik-Detik Mendebarkan Kapal Pesiar 59.000 Ton Tabrak Dermaga

Rekaman insiden kapal pesiar tabrak dermaga viral di dunia maya, memperlihatkan wajah panik para saksi mata.

Liputan6.com, Honduras - Kapal pesiar raksasa milik perusahaan MSC Cruises menghantam dermaga di Honduras, Amerika Tengah pada Selasa 10 April 2018 pagi waktu setempat.

Kapal MSC Armonia tengah menuju ke Port Coxen Hole di Pulau Roatan, saat gagal memperlambat laju untuk berhenti dan menabrak dermaga lalu kandas di pantai. Bahtera itu sebelumnya berlayar selama beberapa pekan di Karibia, demikian dilaporkan NPR dan Fox News.

Seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (12/4/2018), rekaman insiden yang dibagikan oleh pengguna salah satu situs populer berbagi video, menunjukkan para saksi terlihat shock ketika kapal pesiar MSC Armonia melaju dengan cepat ke dermaga. Terdengar juga suara berderak benda yang terseret kapal seberat 59.000 ton itu.

Selain itu, menurut laporan USA Today, terdengar pula suara pria yang berulang kali berteriak agar orang lain keluar dari dapur di restoran di dekat kapal pesiar melaju.

"Ketika bermanuver ke samping, kapal itu menyimpang dari jalur dan menyerempet ujung dermaga," kata juru bicara pelayaran itu dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email kepada Fox News.

"Tak berisiko bagi tamu atau awak kapal," tambah pihak MSC. "Juga tidak berdampak pada lingkungan."

Menurut NPR, awak kapal mencoba untuk memperlambat laju bahtera tersebut ketika menyadari berlayar terlalu cepat ke pelabuhan. Mereka melemparkan dua jangkar ke laut tepat sebelum kapal pesiar menghantam dermaga.

Pelemparan jangkar yang terlambat membuat kapal lama berhenti lalu menghantam benda pembatas dermaga. Beruntung kerusakan pada MSC Armonia tak terlalu parah.

"Mengenai kapal, kerusakannya kecil," kata MSC. "Bahtera itu juga diperbolehkan melanjutkan perjalanan oleh otoritas Pengawas Port Negara Honduras setelah perbaikan yang diperlukan dilakukan."

"Pada saat ini, personil kapal dan ahli eksternal masih bekerja untuk menyelesaikan perbaikan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Terdampak ke Penumpang

Melalui sebuah pernyataan, pihak perusahaan kapal pesiar menegaskan bahwa penumpang tidak terpengaruh oleh insiden kapal menghantam dermaga. MSC Armonia pun telah berangkat ke pelabuhan berikutnya di Belize pada Rabu pagi.

Kecelakaan MSC Armonia terjadi beberapa hari setelah sebuah kapal kargo menabrak bangunan bersejarah di Selat Bosphorus Istanbul. Insiden itu mengakibatkan kerusakan sangat parah.

Video-video yang beredar menunjukkan kapal besar berlayar lurus menuju sisi Asia Istanbul, menabrak rumah tepi laut Hekimbasi Salih Efendi, akibat malfungsi yang melumpuhkan kemudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.