Sukses

Unik, Ada Kapal Pesiar Khusus Kebugaran di Paris

Coba bayangkan latihan kebugaran sambil mengapung di sungai Seine untuk menikmati pemandangan Menara Eiffel dan museum Louvre.

Liputan6.com, Paris - Bagi warga Paris, kesempatan melakukan latihan kebugaran sambil menikmati kecantikan kota menjadi hal yang sukar didapat.

Tapi coba bayangkan latihan kebugaran sambil mengapung di sungai Seine untuk menikmati pemandangan Menara Eiffel dan museum Louvre.

Dengan pertimbangan tersebut, seperti dikutip dari The Local pada Senin (16/1/2017), sebuah solusi sedang digagas, walaupun kenyataannya masih harus menunggu.

Kapal "pesiar" sepanjang 20 meter yang diberi nama "Paris Navigating Gym" itu memungkinkan peserta latihan kebugaran mengambang sepanjang sungai Seine sambil menikmati pemandangan-pemandangan indah sepanjang sungai.

Tapi, pergerakan kapal itu tidak menggunakan bahan bakar. Proyek itu mengandalkan tenaga manusia yang berasal dari para peserta latihan.

Kapal beratap kaca itu dirancang dengan daya tampung 45 orang. Energi yang dihasilkan dari sepeda statis dan cross-train dipakai untuk memberi daya pada mesin listrik penggerak baling-baling.

(Sumber Carlo Ratti Associati)

Untuk mencegah agar para pengguna tidak terjebak dalam kapal sekiranya mereka sedang kelelahan dan perlu menuju ke tepi sungai, energi tambahan disediakan oleh panel-panel surya.

Atap yang melapisi bagian luar kaca akan ditutup saat musim dingin, tapi selubung tersebut akan dilepas pada musim panas.

Gagasan pembuatan gym berasal dari kolaborasi perusahaan perancangan Carlo Ratti Associati, pembuat alat kebugaran Technogym, badan arsitek nirlaba Terraform One, dan lembaga regenerasi kota URBEM.

Masih diperlukan beberapa analisa kelayakan lanjutan sebelum visi ini menjadi kenyataan dan tim perancang memperkirakan kapal mereka bisa dirancang, dibangun, dan diuji dalam waktu 18 bulan.

(Sumber Carlo Ratti Associati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini