Sukses

Banding Kasus Korupsi Ditolak, Eks Presiden Brasil Menyerahkan Diri

Eks Presiden Brasil Lula da Silva telah bersembunyi sejak Jumat di markas serikat pekerja baja dan dikelilingi oleh ratusan pendukung. Akhirnya, ia menyerahkan diri.

Liputan6.com, Sao Paulo - Mantan Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, akhirnya menyerahkan diri ke pejabat federal pada Sabtu 7 April 2018. Langkah itu ia lakukan untuk menjalankan hukuman 12 tahun penjara atas kasus korupsi yang menimpanya.

Namun, sebelum Lula da Silva menyerahkan diri ke polisi, sejumlah pendukungnya menahan eks presiden itu. Mereka sempat memblokir mobilnya.

Dikutip dari CNN pada Minggu (8/4/2018), Lula da Silva telah bersembunyi sejak Jumat di markas serikat pekerja baja dan dikelilingi oleh ratusan pendukung.

Ketika ia mencoba meninggalkan kompleks itu hari Sabtu melalui gerbang, ratusan pendukung mengepung kendaraan yang berteriak "jangan menyerah" dan "jangan kembali," yang memaksa kendaraannya untuk mundur dari gerbang.

Sebelumnya, pada Kamis, seorang hakim federal memerintahkan penangkapan Lula da Silva setelah Mahkamah Agung memutuskan dia seharusnya mulai menjalani hukuman 12 tahun penjara.

Lula da Silva, mantan pemimpin serikat pekerja baja, tetap di markas besar serikat pekerja hingga Jumat, menentang perintah untuk menyerahkan diri ke polisi pada pukul 17.00 di kota selatan Curitiba.

Lula da Silva, yang memerintah Brasil dari 2003 hingga 2011, dianggap sebagai kandidat terdepan dalam pemilihan bulan Oktober ini.

Namun keputusan pengadilan untuk tidak mengabulkan permintaannya untuk tetap bebas. Padahal, eks presiden mengajukan banding atas keyakinan bisa mengambil alih kekuasaan.

Setelah insiden dengan pendukungnya, Lula berjalan sendiri di luar gerbang markas, masuk ke mobil lain dan bergabung dengan seorang utusan polisi. Konvoi menuju ke bandara Sao Paolo pun terjadi. Mantan Presiden diperkirakan akan naik pesawat ke Curitiba.

"Saya percaya pada keadilan dan tahu saya tidak berada di atas hukum," kata Lula da Silva, 72, dari panggung di luar markas serikat buruh pabrik baja Sabtu pagi.

"Saya akan membuktikan bahwa saya tidak bersalah," lanjutnya.

Berbicara kepada pendukungnya dari sebuah monumen peringatan untuk mendiang istrinya, Marisa Leticia Lula da Silva, dia mengatakan penangkapannya bermotif politik dan bahwa "sejarah akan membuktikan" bahwa dia tidak bersalah.

"Saya akan menyerahkan diri ke pihak berwenang dengan sukarela," kata Lula da Silva.

"Jika kejahatan yang saya lakukan adalah membawa makanan dan pendidikan kepada orang miskin, maka saya berharap saya akan terus menjadi penjahat terbesar di negara ini."

Tak lama sebelum batas waktu Jumat, Pengadilan Tinggi Brasil, pengadilan banding tertinggi negara itu, menolak permintaan habeas corpus atau meminta hak untuk diperiksa di muka hakim untuk menunda waktu penjara.

"Mimpi mereka adalah agar saya tidak lagi ikut pemilu memimpin negara ini, impian mereka yang lain adalah melihat foto saya di penjara," kata Lula da Silva, Sabtu.

"Semakin banyak hari yang saya habiskan di penjara, semakin banyak 'Lula' yang akan muncul di negara ini," ucap eks Presiden Brasil itu.

 

Saksikan video menarik berikut ini soal Brasil: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kasus Korupsi Eks Presiden Luiz Inácio Lula da Silva

Pada bulan Januari, pengadilan banding dengan suara bulat menguatkan tuduhan korupsi dan pencucian uang terhadapnya, dan dia dijatuhi hukuman penjara.

Lula da Silva pada awalnya dinyatakan bersalah atas dakwaan pada bulan Juli. Namun ia membantah keras kesalahan apa pun. Pembelaannya mengatakan dia adalah korban penganiayaan politik.

Keyakinannya berasal dari penyelidikan korupsi yang luas ke perusahaan minyak pemerintah, Petrobras, yang dijuluki "Operasi Pencucian Mobil".

Tuduhan terhadap dia muncul setelah dia meninggalkan kantor pada tahun 2011.

Lula da Silva dituduh mendapat manfaat dari renovasi sebuah tripleks di sebuah kota pantai dekat Sao Paulo oleh perusahaan konstruksi OAS.

Tuduhan itu dihubungkan suap senilai US$ 1,1 juta yang diterimanya dari OAS berupa apartemen tepi pantai.

Sebagai imbalannya, Lula da Silva membantu pembangun mendapatkan kontrak dari perusahaan minyak.

Lula da Silva adalah anggota pendiri partai politik sosialis satu-satunya Brasil, Partido dos Trabalhadores, Partai Buruh.

Ia memenangkan dua periode sebagai presiden. Dia berteman dengan mendiang pemimpin Kuba Fidel Castro, yang mendukung karier politiknya, dan menghadiri pemakaman Castro.

Lula da Silva meninggalkan kantor dengan rating persetujuan 90 persen tetapi ditanyai oleh polisi tentang tuduhan korupsi pada Maret 2016.

Istri Lula da Silva dan enam orang lainnya juga didakwa. Marisa Leticia Lula da Silva, yang meninggal pada Februari 2017, akan berusia 68 tahun pada hari Sabtu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.