Sukses

Berusia 104 Tahun, Pria Ini Ingin Mati...

Ketika ditanya apakah dia merayakan ultah ke-104 dengan bahagia, pria ini menjawab tidak. Alih-alih merasa bahagia, ia justru ingin mati.

Liputan6.com, Perth - Akademisi dari Perth, Australia Barat, Professor Dr David Goodall mencapai usia 104 tahun pada 4 April 2018. Namun, dia justru tidak menyukai usianya yang panjang.

Jika bisa meminta hadiah ultah, dia justru menginginkan kematian.

"Saya sangat menyesali telah mencapai usia ini," kata Profesor Goodall. "Saya lebih suka 20 atau 30 tahun lebih muda."

Dr Goodall menjadi perhatian internasional pada 2016, ketika itu usianya 102 tahun. Universitas tempatnya bekerja memerintahkan dia mengosongkan kantor karena dianggap menjadi risiko keamanan bagi dirinya sendiri.

Dia menentang keputusan tersebut dan setelah mendapat reaksi publik, pihak universitas membatalkannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kondisi fisik Goodall terus memburuk. Demikian pula kualitas hidupnya.

Dia bermain tenis sampai usia 90 tahun. Dr Goodall juga bermain dalam grup teater amatiran di salah satu negara bagian Australia, Perth. Namun, kegiatan itu juga terpaksa dihentikan ketika penglihatannya memburuk sehingga tak bisa lagi mengemudi ke tempat latihan di malam hari.

Penglihatannya yang memburuk juga menghentikannya melakukan berbagai tugas pekerjaan akademisnya saat ini, karena dia tidak bisa membaca email.

Sebagian besar koleganya sudah lama meninggal dunia.

Dr Goodall masih menggunakan transportasi umum pulang-pergi ke kantornya hingga beberapa bulan yang lalu ketika dia terjatuh di apartemennya.

"Saya terjatuh ke sudut apartemen dan tidak ada yang bisa saya pegangi. Jadi saya terhuyung-huyung ke lantai," katanya. "Saya berteriak tapi tidak ada yang bisa mendengar."

Dia terkapar di lantai selama dua hari sampai ditemukan oleh petugas kebersihan dan dibawa ke rumah sakit. Dokter mengobatinya lalu melarangnya naik transportasi umum atau bahkan menyeberang jalan sendirian.

"Saya sangat kecewa karena dibatasi, karena terkendala," ujar Dr Goodall. "Jelas tak ada rasa hormat, sama sekali tidak ada rasa hormat."

Pekan ini, Dr Goodall merayakan ultahnya yang ke-104 bersama keluarga dan teman-teman di rumah putrinya. ABC Australia yang Liputan6.com kutip Kamis (5/5/2018) diundang untuk mengabadikan perayaan itu.

Tetapi Dr Goodall ingin menggunakan kesempatan itu untuk menyampaikan sesuatu yang lebih penting baginya daripada usianya. Apa itu?

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampanye Euthanasia

Dr Goodall menjadi anggota kelompok advokasi, Exit International, selama 20 tahun dan berencana menghabiskan sisa hidupnya berkampanye untuk pengesahan euthanasia sukarela di Australia Barat.

"Perasaan saya adalah bahwa orang tua seperti saya harus memiliki hak kewarganegaraan penuh, termasuk hak melakukan bunuh diri dengan mendapat bantuan," kata Dr Goodall.

"Begitu seseorang melewati tahap kehidupan usia pertengahan, dia telah membayar kembali utangnya kepada masyarakat," katanya.

"Seseorang harus bebas menggunakan sisa hidupnya sesuai pilihan," jelasnya.

"Jika seseorang memilih membunuh dirinya sendiri maka itu cukup adil. Saya pikir orang lain tidak harus ikut campur," kata Dr Goodall.

Data menunjukkan, setidaknya satu warga Australia Barat penderita penyakit yang tak bisa disembuhkan atau sedang sekarat, melakukan bunuh diri setiap dua minggu.

Lebih dari separuh kasus bunuh diri dilakukan mereka yang berusia di atas 60 tahun, kebanyakan laki-laki.

Komite Parlemen Australia Barat sedang memeriksa permasalahan ini dan akan melaporkan hasilnya Agustus mendatang.

Akhir tahun lalu, Victoria menjadi negara bagian pertama di Australia yang melegalkan kematian secara sukarela dengan dibantu orang lain.

Akan tetapi, di bawah UU itu, Dr Goodall tidak akan memenuhi syarat, karena dia tidak menderita penyakit mematikan dan meskipun lemah dan hampir buta, kesehatannya sebenarnya cukup baik.

Tak Takut Kematian

Menyinggung masalah ini, Dr Goodall mengatakan tidak takut atau bersedih dengan kemungkinan kematiannya.

"Kenapa harus membuatku sedih?" katanya.

"Saya tidak menganggapnya suram, saya menganggapnya sebagai hal alamiah," ia menambahkan.

"Seseorang hidup beberapa dekade kemudian meninggal. Itu tidak menyedihkan. Yang menyedihkan adalah jika seseorang dicegah (untuk memilih mati)," imbuhnya.

Putri Dr Goodall, Karen Goodall-Smith, merupakan psikolog klinis yang telah membahas isu hidup dan mati ini dengan ayahnya.

"Saya dekat dengan David dan tidak menginginkan hal ini. Tetapi pahami juga bahwa sedikit tak berharga (baginya) jika sangat bergantung pada orang lain," kata Karen.

"Sejumlah pintu secara bertahap tertutup baginya karena kondisi fisiknya. Dia terjebak, tidak memiliki kendali atas hidupnya sendiri, atas tubuhnya, atas penglihatannya," tutur Karen.

"Dia hidup selama 104 tahun. Apa pun yang terjadi, pilihan apa pun yang dibuat, semuanya terserah padanya," kata Karen lagi.

Kini Dr Goodall tinggal bersama saudara dan anak yang bergantian merawatnya, dengan harapan dia tidak perlu masuk panti jompo.

Ketika ditanya apakah dia merayakan ultahnya dengan bahagia, Dr Goodall menjawab singkat.

"Tidak," katanya. "Saya tak bahagia. Saya ingin mati."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.