Sukses

Robot Cerdas Ini Akan Jadi Asisten Pribadi Astronot di Luar Bumi

Bulan Juni mendatang, astronot Alexander Gerst asal Jerman, akan membawa asisten robot itu ke angkasa luar.

Liputan6.com, Jakarta - Para astronot di Stasiun Antariksa Internasional segera akan mendapatkan asisten pribadi, mirip dengan Alexa dari Amazon atau Siri dari Apple. Namun alat ini begitu cerdas sehingga astronot lebih suka memanggilnya 'kolega'.

Nama resminya adalah CIMON, singkatan dari Crew Interactive Mobile Companion, dan alat ini sebagian akan tinggal dalam bola berbobot lima kilogram yang dibuat oleh Airbus.

Seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (5/4/2018), alat ini memiliki layar video dengan fitur wajah sederhana, kamera dengan pengenal wajah, mikrofon, dan pengeras suara.

CIMON akan bergerak bebas di stasiun antariksa; namun otaknya akan ada di Bumi dalam sebuah superkomputer IBM, yang disebut Watson, yang diisi dengan sejumlah besar pengetahuan ilmiah.

Astronot pendamping utama CIMON adalah Alexander Gerst asal Jerman, yang akan membawa alat tersebut ke Stasiun Antariksa Internasional pada bulan Juni mendatang.

Keduanya -- astronot dan robot -- sedang berlatih bersama, karena CIMON harus bisa mengenali suara dan wajah Gerst, dan juga bernavigasi dalam lingkungan wahana antariksa yang rumit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksperimen

Untuk tahap awal, Gerst dan CIMON akan bekerjasama dalam eksperimen dengan menggunakan kristal, sebuah eksperimen medis yang kompleks, dan juga mencoba untuk memecahkan kubus ajaib Rubik hanya dengan menggunakan video.

Eksperimen yang lebih besar adalah interaksi antara manusia dan kecerdasan buatan khususnya dalam kaitannya misi antariksa di masa depan.

Para pengembang CIMON ingin melihat apakah asisten interaktif yang cerdas akan membantu astronot mengurangi stress dalam penerbangan yang memakan waktu panjang dan meningkat efisiensi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.