Sukses

4 Kisah Korban Kawin Paksa yang Hebohkan Dunia

Liputan6.com, Moskow - Video kawin paksa yang terjadi di Rusia kembali viral, meski kisah pernikahan tanpa cinta itu sudah terjadi dua tahun lalu.

Kheda Goilabiyeva, nama korban, adalah seorang gadis yang harus merelakan masa remajanya untuk seorang pria 'tua-tua keladi" -- tak hanya berusia terlampau matang, tapi juga sudah punya istri dan anak yang usianya seumuran dengan sang istri muda.

Ekspresi wajah gadis itu sama sekali tak menunjukan binar bahagia yang biasanya terlihat dalam wajah mempelai. Gadis berusia 17 tahun itu sama sekali tak menganggap hari pernikahannya sebagai momentum bahagia.

Goilabiyeva menangis, sebab pria yang akan menjadi suaminya bukanlah kekasih yang ia cintai. Pria yang menjadi pendamping hidupnya itu adalah seorang polisi berusia 47 tahun bernama Nazhud Guchigov.

Pernikahan itu lantas memicu kemarahan masyarakat Rusia yang mengetahui pernikahan kawin paksa itu lewat foto yang beredar.

Ternyata, kisah kawin paksa yang videonya kembali viral ini bukan pertama kali.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (18/1/2018), berikut 4 kisah kawin paksa yang bikin heboh:

1 dari 5 halaman

1. Diculik, Ditodong Pistol, lalu Dipaksa Menikah

Seorang pria di Bihar, India timur melapor ke polisi karena mengaku diculik, diancam, dan dipaksa untuk menikahi seorang wanita yang sama sekali tak dikenalnya.

Pria bernama Vinod Kumar tersebut diculik saat menghadiri pernikahan temannya di Nalanda, sebuah distrik tetangga dari Patna di timur laut Bihar.

Saat kejadian, sebulah pistol ditodongkan ke arah Kumar. Gerombolan penculik itu mengancam membunuhnya apabila ia mencoba melawan.

Kumar dibawa ke sebuah rumah yang letaknya tak jauh dengan acara pernikahan temannya, di Distrik Mokama Bihar. Di rumah itu, Kumar disuruh untuk berlutut. Tiba-tiba ia dipaksa menikahi seorang perempuan yang tak pernah ia ketahui asal-usulnya.

Mengetahui motif penculikan tersebut, Kumar terkejut bukan main. Ia bahkan sampai menangis terisak. Meski demikian, prosesi pernikahan tetap dilanjutkan oleh keluarga sang mempelai wanita.

Sebuah video yang diunggah ke situs berbagi video memperlihatkan Kumar yang menangis enggan menjalankan upacara pernikahan tersebut.

Tetapi seorang wanita yang mengenakan sari (pakaian khas wanita India) menegaskan padanya, ""Kami hanya melangsungkan pernikahanmu saja, tidak menggantungmu. Jadi diamlah!"

2 dari 5 halaman

2. Dipaksa Kawin, Wanita Pakistan Racuni Suami

Seorang perempuan yang baru menikah di Pakistan, Asiya Bibi, ditangkap karena diduga membunuh suaminya berserta 14 kerabatnya dengan susu beracun.

Polisi mengklaim, Bibi awalnya ingin membunuh suaminya. Ia lalu mencampurkan zat beracun ke dalam susu pada pekan lalu -- namun sang suami tak meminumnya.

Susu itu kemudian diolah menjadi lassi -- minuman yogurt tradisional -- dan disajikan untuk keluarga besarnya.

Polisi mengatakan, Asiya Bibi telah menjalani kawin paksa pada September 2017. Pernikahan semacam itu kerap terjadi di wilayah miskin Pakistan dan sering didorong oleh anggota keluarga.

Dalam kasus yang terjadi di Muzaffargarh itu, media setempat mengatakan bahwa mempelai perempuan mencoba untuk kabur dan kembali ke rumah orangtuanya. Namun, aksinya itu gagal.

Dikutip dari BBC, pejabat senior kepolisian Owais Ahmad mengonfirmasi bahwa Asiya Bibi telah didakwa melakukan pembunuhan. Seorang pria yang diduga sebagai kekasih dan bibinya, turut ditangkap.

Polisi Muzaffargarh mengatakan kepada BBC Urdu bahwa 15 orang tewas setelah meminum lassi beracun. Sementara itu, delapan lainnya berada di rumah sakit terdekat di Multan.

3 dari 5 halaman

3. Dipaksa Menikahi Janda

Seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun asal India nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Hal itu rela ia lakukan karena tak mau menikah muda.

Dilansir dari laman Daily Mail, remaja laki-laki itu diketahui bernama Mahadev Das. Ia diduga nekat bunuh diri karena tak rela jika masa mudanya harus direnggut.

Kejadian ini bermula ketika orangtua Das memaksa remaja tersebut menikah dengan Ruby Devi, wanita berusia 25 tahun yang merupakan kakak iparnya.

Ruby Devi diketahui hidup menjanda setelah sang suami meninggal dunia. Peristiwa ini terjadi di Kota Gaya, India.

Meski sudah menolak berkali-kali, remaja itu semakin terpojok dan tak bisa menolak permintaan keluarganya. Alhasil, ia terpaksa menikahi sang kakak ipar.

Namun, baru beberapa jam setelah resmi menikah, Das nekat mengakhiri hidupnya.

4 dari 5 halaman

4. Bocah 5 Tahun Dipaksa Menikah

Seorang bocah perempuan berusia 5 tahun asal Pakistan, dikabarkan dipaksa menikah dengan pemuda berusia 22 tahun.

Menurut media Pakistan, Dawn, polisi dipanggil untuk menghentikan pernikahan yang dilangsungkan di Desa Raman Shar. Namun, mereka datang terlambat.

Menurut kabar, pengantin pria telah ditahan bersama dengan ayahnya dan pencatat pernikahan tersebut. Gadis kecil itu diyakini juga telah dibawa ke dalam tahanan bersama ibunya.

Surat kabar tersebut melaporkan, anak perempuan dan ibunya akan diadili berdasarkan Undang-Undang Pengendalian Pernikahan Anak. Berdasarkan peraturan tersebut, usia minimal seorang wanita untuk menikah adalah 16 tahun.

Artikel Selanjutnya
Top 3: Fakta Kasus Siswa SD Hamili Siswi SMP Tulungagung
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Kabar Heboh Siswa SD Hamili Siswi SMP Tulungagung