Sukses

Google Earth Kuak Penampakan Pesawat Rahasia AS?

Liputan6.com, Washington DC - Palm Beach County jauh dari Area 51, lokasi rahasia milik Amerika Serikat. Namun, Google Earth menangkap penampakan aneh di sana.

Foto satelit, yang diduga ditangkap proyek pemetaan Google Earth, menunjukkan sebuah pesawat berteknologi tinggi atau wanaha antariksa di lapangan udara milik perusahaan teknologi dirgantara Pratt & Whitney, yang terletak di dekat Beeline Highway.

Tak mudah untuk mengonfirmasinya. Fasilitas kedirgantaraan di Palm Beach County itu memiliki standar keamanan yang ketat. Sementara, lapangan udara pribadi yang terhubung ke kompleks tersebut tidak dapat dipantau dari jalan.

Pesawat yang tertangkap satelit Google Earth berbentuk tak biasa, cenderung futuristik. Spekulasi pun merebak, apakah itu jet teranyar buatan AS, pesawat ulang alik, atau kapal terbang yang dibuat dengan teknologi alien?

Dalam sebuah pernyataan email, juru bicara Pratt & Whitney Matthew C. Bates mengatakan, perusahaannya adalah yang terdepan di dunia dalam memberikan solusi propulsi untuk pelanggan komersial dan militer.

"Kami rutin melakukan pengujian mesin dan komponen untuk berbagai program di fasilitas West Palm Beach," kata dia, seperti dikutip dari Sun Sentinel, Sabtu (13/1/2018).

Atas nama standar kerahasiaan perusahaan, Bates menolak menjelaskan pesawat apa gerangan yang tertangkap satelit Google Earth.

Secara terpisah, Charles Huber, mantan insinyur kedirgantaraan di Departemen Pertahanan AS meragukan itu adalah pesawat rahasia.

"Jika itu adalah hal yang sangat rahasia, mereka tidak akan meninggalkannya di siang hari seperti itu, sehingga siapa pun bisa memotretnya," kata dia.

Meski demikian, pengajar sains di Boynton Beach Community High School itu berpendapat, citra satelit yang ditangkap Google Earth sangat menarik.

Ia menduga, itu adalah pesawat hipersonik. "Yang lima kali lebih cepat dari kecepatan suara. Untuk mencapainya, pesawat harus memiliki bentuk khusus," kata dia.

Dari citra Google Earth, Huber berpendapat, bentuk pesawat tersebut sesuai gambaran pesawat hipersonik.

1 dari 2 halaman

Pesawat SR-72 Mach 6?

Sejumlah spekulasi menyeruak terkait pesawat misterius yang dipotret Google Earth.

Sejumlah pihak menduga, itu adalah pesawat SR-72 Mach 6 yang sedang dibuat untuk menggantikan Blackbird. Perusahaan dirgantara, Lockheed Martin didaulat untuk mengembangkannya.

Blackbird adalah pesawat ikonik yang digunakan untuk memata-matai Vietnam, Korea Utara, dan Uni Soviet.

Pengembangan SR-72 Mach 6 dilingkupi kerahasiaan. Namun, citra Google Earth tersebut mungkin telah menemukan di mana pesawat anyar itu disimpan.

Artikel Selanjutnya
Terkuak, Ini Asal-usul Dua Satelit Alami Planet Mars
Artikel Selanjutnya
NASA Tawarkan Tur Gratis ke Bulan, Tanpa Perlu Tinggalkan Bumi