Sukses

3 Alasan Mengapa Ada Banyak Petugas Keamanan di Rusia

Meski ada reformasi polisi, krisis, dan ribuan kamera pemantau, petugas keamanan adalah bagian dari negara.

Liputan6.com, Moskow - Petugas keamanan Rusia selalu memperhatikan segala hal dari setiap orang, mulai dari parfum hingga makanan yang mereka pegang dan kehadiran mereka kerap kita temukan di setiap sudut dan celah di kota-kota di Negeri Beruang Merah.

Orang dengan ekspresi bosan pada wajahnya, sambil memegang walkie talkie, berseragam resmi dengan lambang petugas keamanan adalah pemandangan umum di supermarket, sekolah, rumah sakit, lobi gedung perkantoran, pom bensin, dan taman.

Rusia adalah negaranya petugas keamanan. Mereka ada di mana-mana. Kebanyakan dari mereka terkadang dianggap sebagai sosok yang tak terlalu dibutuhkan.

Mereka hanya berdiri, sementara orang-orang yang lewat akan merasa sedikit terganggu karena tatapan curiga sang petugas. Mereka pada umumnya dibayar rendah. Meski ada reformasi polisi, krisis, dan ribuan kamera pemantau, petugas keamanan adalah bagian dari negara.

Seperti dikutip dari laman RBTH Indonesia, Jumat (28/7/2017), berikut tiga alasan mengapa ada banyak petugas keamanan di Rusia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pekerjaan Ringan

Rusia memiliki lebih banyak polisi dibanding negara-negara lain di dunia. Tercatat ada sekitar 250 ribu petugas keamanan yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

Sebagai perbandingan, jika estimasi Kementerian Dalam Negeri Rusia benar, dua tahun lalu ada sekitar 1,5 juta petugas keamanan di Rusia (termasuk karyawan tidak resmi).

Itu berarti, hampir dua persen penduduknya berprofesi sebagai petugas keamanan. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan, kenapa begitu banyak?

Ilustrasi petugas keamanan Rusia (iStock)

Jawabannya, menjadi seorang petugas keamanan itu mudah dan murah. Anda hanya perlu menyelesaikan pendidikan selama 70 jam di sekolah petugas keamanan, lulus ujian, diambil sidik jarinya, menunggu dua bulan, dan mendapatkan sertifikat.

Di Moskow, proses ini memakan biaya hanya 10 ribu rubel setara dengan Rp 2,25 juta. Untuk mendapatkan izin membawa senjata, Anda harus membayar biaya tambahan lima ribu rubel. Di wilayah-wilayah lain, biayanya bahkan lebih murah.

Oleh karena itu, menjadi petugas keamanan adalah cara mudah bagi pelajar dan pensiunan (kebanyakan pensiunan) untuk mendapatkan uang, baik itu pekerjaan utama atau sampingan.

Biasanya pekerjaan ini punya jadwal fleksibel dan tidak mengharuskan kegiatan fisik. Mereka yang bekerja di toko, misalnya, bahkan tidak membutuhkan sertifikat atau ujian ulang setiap tahunnya.

3 dari 4 halaman

2. Sisa-sisa Tahun 1990-an

Tren mempekerjakan petugas keamanan berawal pada tahun 1990-an, saat keruntuhan Uni Soviet.

Ilustrasi petugas keamanan Rusia (iStock)

"Dengan munculnya properti pribadi, negara membutuhkan petugas keamanan. Pada dasarnya, ini dilakukan untuk melegalisasi penggunaan senjata setiap saat," ujar Svetlana Ternova, penasihat Departemen Perizinan Lisensi di Kemendagri Rusia.

Menurut Ternova, saat itu banyak pebisnis dan karyawan yang menjadi petugas keamanan, karena mereka sempat terlibat dalam operasi keamanan.

Saat ini, tidak semua perusahaan dilengkapi dengan petugas keamanan yang membawa senjata. Mayoritas petugas keamanan tidak memiliki lisensi menggunakan senjata dan tidak banyak bergerak. Untuk sehari kerja, mereka dibayar sekitar Rp 500 ribu.

4 dari 4 halaman

3. Digambarkan Seperti Gagak di Taman

Ekonom dan profesor di Universitas Chicago dan Sekolah Tinggi Ekonomi (HSE) Moskow, Konstantin Sonin, mengaitkan banyaknya petugas keamanan dengan polisi yang tidak efisien dan tingkat produktivitas buruh yang rendah.

"Kafe dan restoran di Amerika Serikat tidak ada petugas keamanan. Kenapa? Karena jika seseorang berbuat yang tidak diinginkan, pelayan akan menelepon polisi," ujar Sonin.

Ilustrasi petugas keamanan Rusia (iStock)

"Di Rusia, banyaknya petugas keamanan di satu kafe membuktikan bahwa kepada majikannya, lebih baik menyewa petugas keamanan dibanding bergantung pada polisi," tambahnya.

Dengan banyaknya petugas keamanan, Rusia secara teori harusnya merupakan salah satu negara teraman di dunia. Namun, kenyataannya tidak begitu. Di Forum Ekonomi Dunia, Rusia menempati peringkat ke-109 dari 136 negara dalam hal keamanan.

"Tidak peduli siapa dia, asal ia menjaga tempat itu. Kehadiran seorang petugas keamanan adalah masalah psikologis. Ia bagaikan gagak di taman," ujar Leonid Vedenov, Direktur Departemen Perizinan Lisensi di Kemendagri Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini