Sukses

India Luncurkan Kereta Listrik Berenergi Surya

Liputan6.com, New Delhi - India baru-baru ini meluncurkan kereta listrik berbahan bakar surya. Di ibu kota negara itu, New Delhi, kendaraan dengan bahan bakar alternatif itu diperkenalkan.

"Menjadikan lingkungan sebagai pertimbangan, Indian Railways meluncurkan kereta enam gerbong bertenaga 1.600 horsepower," ujar Direktur Umum Hubungan Masyarakat Indian Railways, Anil Saxena.

"Kereta itu bertenaga surya dan juga memiliki cadangan baterai untuk digunakan pada malam hari. Ini adalah kereta pertama dengan jenis tersebut," imbuh dia.

Sebanyak 16 panel surya dipasang di atap gerbong dan digunakan sebagai sumber penggunaan alat listrik -- menggantikan generator diesel.

Dikutip dari TheĀ StraitsĀ Times, Kamis (20/7/2017), penggunaan kereta listrik berpanel surya tersebut merupakan bagian agar India tetap berada dalam jalur persetujuan iklim Paris.

"Indian Railways berfokus pada energi bersih, jadi kami merevisi kebijakan bahan bakar. Ini akan menguntungkan penyedia layanan kereta, masyarakat, dan juga negara," ujar Menteri Kereta Api India, Suresh Prabhu.

Kereta tersebut akan digunakan dalam perjalan dari New Delhi ke negara bagian Hayana yang terdapat di utara.

Indian Railways memperkirakan bahwa kereta listrik itu akan mengurangi konsumsi diesel hingga 21.000 liter per hari dan menghemat US$ 18.000 atau sekitar Rp 239,7 juta.

Rencananya, 24 kereta juga akan dilengkapi dengan sistem yang sama dalam enam bulan ke depan.

Loading