Sukses

Selfie Pembawa Petaka Hancurkan Karya Seni Senilai Rp 2,6 Miliar

Selfie pembawa petaka itu terekam video di pameran yang digagas kelompok seniman yang menamakan diri mereka 14th Factory.

Liputan6.com, Los Angeles - Seorang perempuan di Los Angeles membuktikan bagaimana sebuah selfie atau swafoto mampu menghancurkan deretan karya seni yang bernilai ratusan ribu dolar. 

Selfie pembawa petaka itu terekam video di pameran yang digagas kelompok seniman yang menamakan diri mereka 14th Factory yang digelar di Lincoln Heights, Los Angeles.

Dalam rekaman itu menunjukkan seorang wanita yang tampaknya membungkuk untuk mencoba mendapatkan sudut yang sempurna untuk selfie di deretan karya seni bertajuk Hypercaine, karya artis ternama asal Hong Kong Simon Birch bersama serangkaian kolaborator internasional.

Dia kehilangan keseimbangan dan bersandar sedikit terlalu jauh, menjatuhkan pilar pertama dan membuat patung berbentuk mahkota di atasnya terjatuh. Lalu, pilar berikutnya rubuh sehingga menimbulkan efek domino.

Dikutip dari The Guardian pada Sabtu (15/7/2017), insiden itu terjadi pada dua minggu lalu di sebuah instalasi seluas 14.000 meter persegi. Aksi perempuan itu menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki bagi beberapa dari 12 patung mirip mahkota yang dipajang di atas pilar.

Patung mirip mahkota itu dibuat dari berbagai bahan berbeda, termasuk logam mulia, marmer, kayu, nilon, dan besi tua.

Gloria Yu, salah satu seniman yang terlibat dalam pameran tersebut, mengatakan kepada situs seni dan budaya Hyperallergic, "Tiga patung rusak permanen dan lainnya dengan hancur dengan tingkat yang berbeda-beda. Perkiraan biaya kerusakan adalah US$ 200.000, atau sekitar Rp 2,6 miliar."

Sebuah swafoto yang mahal.

Berikut rekaman detik-detik selfie yang menghancurkan karya seni: 

Meski demikian, 14th Factory tidak mau membocorkan apakah karya mereka itu diasuransikan.

Meski disebut selfie pembawa petaka, banyak yang meragukan kecelakaan itu disengaja. Momen ditangkap dengan sempurna oleh rekaman CCTV. Mereka berpendapat itu merupakan aksi oleh satu atau lebih seniman yang terlibat.

Rekaman yang menangkap momen itu diunggah ke kanal berbagi video pada tanggal 13 Juli oleh seseorang yang mengaku sebagai teman Simon Birch, yang juga mendorong penontonnya untuk mengunjungi pameran tersebut.

Pameran Hypercaine adalah satu dari 14 ruangan pertunjukan yang diklaim proses pembuatannya menghabiskan waktu enam tahun. Awalnya dipamerkan di Hong Kong sebelum akhirnya pindah ke Los Angeles.

Pameran itu diberi label oleh Los Angeles Times sebagai "serangkaian rangkaian menakjubkan untuk selfie yang sempurna".

Mungkin gara-gara ulasan itulah, perempuan itu ingin selfie. Namun, membawa petaka baginya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.