Sukses

Detik-Detik Penampakan Tornado 'Ekor Iblis' di Meksiko

Liputan6.com, Chihuahua - Sebuah fenomena alam nan menakjubkan terjadi di Chihuahua, utara Meksiko. Fenomena alam itu adalah badai tornado supercell.

Tak seperti badai reguler, tornado supercell adalah sebuah badai petir yang ditandai dengan adanya siklon (putaran) yang terus-menerus berputar ke atas. Yang membedakan tornado supercell dengan jenis badai biasa adalah pada aspek skala rotasi.

Tornado supercell memiliki rotasi siklon berskala besar yang membumbung tinggi ke atas langit. Hal ini disebabkan adanya kelembaban udara, anomali atmosfer, serta tingginya intensitas hembusan angin kencang di suatu wilayah.

Dari empat klasifikasi badai (supercell, squall line, multisel, dan single-cell), badai supercell memiliki potensi merusak yang paling parah ketimbang ketiga jenis badai lain.

Menurut pakar klimatologi dan pemburu badai Mike Hollingshead, tornado supercell dilaporkan sering terjadi di wilayah dataran rendah Amerika Serikat di Nebraska, Dakota Selatan, dan Dakota Utara.

Dan kali ini, tornado supercell dilaporkan terjadi di Chihuaha, sebuah provinsi di utara Meksiko, demikian seperti dikutip dari The Washington Post, Minggu (4/6/2017).

Laporan itu dikabarkan oleh media Meksiko La Opcion dan dikutip oleh The Washington Post. Dua buah video yang mendokumentasikan detik-detik formasi pembentukan dan putaran penuh tornado supercell Chihuahua Meksiko viral di dunia maya.

Pada video berdurasi 15 detik di atas, nampak komposisi formasi awal tornado supercell. Pusaran angin berbentuk spiral dengan cepat menyentuh ke dasar tanah setelah terbentuk dari gumpalan awan badai yang membumbung di angkasa.

Pusaran angin spiral itu menyerupai ekor hewan yang melingkar-lingkar. La Opcion menyembut pusaran angin menyerupai ekor itu sebagai 'The Devil's Tail' berarti 'Ekor Iblis.

Video kedua berdurasi 44 detik di atas mendokumentasikan tornado supercell di Chihuahua saat berbentuk putaran penuh dan telah menyentuh tanah seutuhnya. Pusaran itu sangat dahsyat dan nampak memiliki daya kekuatan penghancur yang luar biasa.

 

Loading