Sukses

Jubir Mugabe: Pak Presiden Tak Tidur, Hanya Istirahatkan Matanya

Juru bicara sang presiden juga membela bahwa kondisi tubuh bosnya masih bugar, hanya matanya yang bermasalah.

Liputan6.com, Harare - Presiden Zimbabwe Robert Mugabe beberapa kali terpergok tengah tertidur di tengah acara yang dihadirinya. Barangkali, di usianya yang sudah 93 tahun membuatnya cepat lelah.

Namun, juru bicara sang presiden membela bahwa bosnya masih bugar. Dan gambar-gambar yang memperlihatkan Mugabe tengah menutup mata ia klaim tidak sedang tidur, melainkan tengah mengistirahatkan matanya.

Pernyataan itu diungkapkan oleh juru bicara sang presiden, George Charamba kepada koran pemerintah Herald.

"Pak presiden tidak tidur. Ia hanya mengistirahatkan matanya. Ia memiliki kondisi medis di mana matanya tak tahan dengan lampu yang terang," kata Charamba seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (12/5/2017).

Charamba berbicara setelah Mugabe berangkat ke Singapura untuk mengobati matanya selama seminggu.

"Saya menyesalkan pemberitaan yang menulis bahwa presiden tertidur saat menghadiri konferensi. Tidak, dia tidak tertidur," bela jubir Charamba.

Laporan Presiden Mugabe tidur dirilis oleh media-media Afrika saat ia menghadiri konferensi World Economic Forum di Afrika Selatan pada bulan ini.

Jubir Mugabe: Pak Presiden Tak Tidur, Hanya Istirahatkan Matanya (Twitter)Masalahnya ini bukan kali pertama Mugaber tertangkap kamera tengah tertidur. Peristiwa itu terjadi pada perayaan kemerdekaan Ghana ke-60 pada bulan Maret lalu.

Isu kesehatan Mugabe yang makin menurun menjadi perhatian rakyat Zimbabwe. Foto-foto ia tengah susah payah di karpet merah dan berupaya keras untuk naik ke mimbar viral di media sosial pada 2015 lalu.

Mugabe duduk di tampuk kekuasaan semenjak 1980-an dan tak berencana mundur. Bahkan, ia berencana akan kembali mencalonkan diri tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.