Sukses

Nenek Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 117 Tahun

Liputan6.com, Verbania - Perempuan berusia 117 tahun, Emma Morano, meninggal dunia. Nenek asal Italia yang lahir pada 19 November 1899 itu, memegang Guinness World Record sebagai manusia dan perempuan tertua di dunia.

"Ia bergabung dalam perayaan hall of fame kami dengan prestasi menakjubkan saat ia diumumkan sebagai perempuan tertua pada 2016, dan secara resmi dikukuhkan sebagai orang terakhir yang dilahirkan tahun 1800-an," ujar Guinness World Records dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Dikutip dari CBS News, Minggu (16/4/2017), Emma berhenti bernapas pada siang hari di kursi rumahnya yang berlokasi di Verbania, Italia.

Menurut keterangan dokternya, Carlo Bava, dalam beberapa minggu terakhir Emma lebih sering menghabiskan waktu dengan tidur dan menjadi jarang berbicara.

Saat masih hidup, Emma mengaku umur panjangnya diwariskan secara genetik, di mana ibunya hidup hingga usia 91 tahun, beberapa umur saudaranya mencapai 100 tahun. Selain itu, ia juga mengonsumsi tiga butir telur--dua di antaranya mentah--selama lebih dari 90 tahun.

Pola makan itu ia jalankan setelah dokter mendiagnosis bahwa dirinya mengidap anemia, tak lama setelah Perang Dunia I. Namun akhir-akhir ini, ia hanya mengonsumsi dua butir telur dan beberapa biskuit.

Seperti dikatakan oleh dokternya, Emma masih gemar mengonsumi kue meski berusia senja. Ia bahkan menyembunyikannya di bawah bantal sehingga tak ada satu orang pun yang memakannya.

Selain itu, ada satu hal lain yang disebut Emma membuatnya memiliki umur panjang, yakni berpisah dengan suaminya pada 1939, satu tahun setelah bayi laki-lakinya yang berusia enam bulan meninggal.

Menurut Emma, pernikahannya tidak sehat. Ia pernah jatuh cinta dengan seorang laki-laki yang tewas saat Perang Dunia I dan tak tertarik untuk menikahi laki-laki lainnya.

Dilansir CNN, Morano menyandang gelar orang tertua yang masih hidup di dunia pada 2016 setelah Sussanah Mushatt Jones meninggal pada usia 116 tahun.

Usia Emma lima tahun lebih muda dari Jeanne Calment, 122 tahun, yang memegang gelar manusia tertua di dunia--setidaknya hingga saat ini.

Loading