Sukses

5 'Antek' ISIS Terkait Penembakan di Kelab Malam Turki Ditahan

Operasi penangkapan jaringan penembak di kelab malam Turki itu diluncurkan di Aegean Izmir dan masih berjalan hingga saat ini.

Liputan6.com, Istanbul - Sedikitnya lima orang yang diduga kuat militan dari kelompok ISIS dan dicurigai terkait penembakan di kelab malam Turki ditahan oleh polisi pada hari Rabu. Demikian disampaikan kantor berita yang dikelola negara itu.

Anadolu Agency yang dikutip dari New York Times Rabu (4/1/2017) memberitakan, operasi itu diluncurkan di kota pelabuhan Aegean Izmir dan masih berjalan hingga saat ini.

Kantor berita swasta Turki, Dogan mengatakan operasi polisi itu menargetkan tiga keluarga yang tiba di Izmir sekitar 20 hari yang lalu dari Konya - sebuah kota di Turki di mana pria bersenjata itu diduga berasal dari sana sebelum melaksanakan aksinya.

Media itu menyebut sebanyak 27 orang, termasuk perempuan dan anak-anak berada dalam tahanan kepolisian Turki.

Menurut Anadolu, setidaknya 14 orang terkait penembakan di kelab malam Turki sudah ditahan. Termasuk dua orang asing yang ditangkap pada Selasa 3 Januari 2017 di terminal internasional Bandara Ataturk Istanbul, setelah polisi memeriksa ponsel dan barang-barang mereka.

Sementara pria bersenjata yang menewaskan 39 orang selama perayaan malam tahun baru itu hingga saat ini belum teridentifikasi dan masih buron. Kendati demikian, kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan yang juga melukai hampir 70 orang.

Sekitar 600 orang tengah berada di kelab malam Reina, ketika pria bersenjata menyerang. Mereka yang tewas dalam serangan itu berasal dari 14 negara, termasuk India, Maroko, Yordania, Kanada, Rusia, Tunisia, Arab Saudi dan Kuwait. Sementara 69 lainnya terluka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini