Sukses

Obama: Nasib Dunia Sedang Dipertaruhkan dalam Pilpres AS

Obama memperingatkan, nasib AS sebagai negara republik, juga dunia kini sedang dipertaruhkan.

Liputan6.com, North Carolina - Hari-hari jelang Pilpres 8 November 2016 yang kian dekat, Presiden Amerika Serikat Barack Obama meminta pendukung Partai Demokrat dari semua latar belakang etnis, untuk keluar dan memilih Hillary Clinton.

Obama memperingatkan, nasib AS sebagai negara republik, juga dunia kini sedang dipertaruhkan.

Ia mengatakan, rival kuat Hillary Clinton, Donald Trump adalah ancaman bagi kebebasan sipil di AS -- yang didapatkan secara susah payah, bagi Amerika Serikat, juga bagi dunia.

Hal tersebut disampaikan Obama dalam kampanye di North Carolina.

"Nasib republik ini ada di pundak Anda," kata Obama seperti dikutip dari BBC, Kamis (3/11/2016).

Obama menambahkan, nasib dunia sedang tertatih-tatih. "Dan Anda, North Carolina akan memastikan kita menuju ke arah yang benar," tambah dia.

"Tak ada nama saya di surat suara. Tapi saya  ingin memberitahukan pada Anda, bahwa (nasib) kejujuran, kesopanan, keadilan, kemajuan, dan demokrasi kita ada di surat suara."

Sebaliknya, Trump mengatakan, Obama harus berhenti berkampanye untuk Clinton dan fokus menjalankan roda pemerintahan.

"Intinya adalah, tak ada satu pun yang ingin Obama memerintah selama 4 tahun lagi," kata dia di depan pendukungnya di Pensacola, Florida.

Capres yang kerap mengeluarkan kata-kata kasar itu mengatakan, dalam beberapa hari terakhir, Hillary Clinton dalam kondisi 'tertekuk'.

Sebelumnya, 11 hari jelang pemilu, FBI mengumumkan sedang menginvestigasi skandal email yang diduga melibatkan Clinton.

Direktur badan intelijen itu, James Comey menghadapi kecaman karena mengumumkan hal tersebut hanya hitungan hari sebelum Pilpres dilangsungkan.

Obama juga mengkritik langkah tersebut. Dalam wawancara dengan situs NowThisNew, Obama mengatakan, investigasi tak seharusnya tak dilakukan atas dasar 'innuendo' atau informasi yang tak lengkap.

Pernyataan Obama tersebut adalah komentar publik pertamanya setelah Comey mengumumkan bahwa FBI menemukan sejumlah email baru yang 'mungkin atau bisa jadi tak relevan dengan investigasi sebelumnya' yang dilakukan secara tertutup terkait bagaimana cara Clinton menangani informasi rahasianya.

"Menurut saya, ada norma yang mengatur bahwa investigasi tak boleh dilakukan atas dasar sindiran, kita tidak mendasarkan operasi pada informasi yang tidak lengkap, bocoran. Kita seharusnya beroperasi berdasarkan keputusan konkret yang dibuat," kata Obama.

"Ketika hal tersebut diselidiki secara menyeluruh terakhir kali, kesimpulan dari FBI, kesimpulan dari Departemen Kehakiman, kesimpulan dari penyelidikan Kongres menyebut, dia (Hillary) telah membuat beberapa kesalahan, tapi tak ada alasan untuk melakukan penuntutan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini