Sukses

Menyusuri Sungai Yara, Ikon Melbourne yang 'Lahirkan' Juara Dunia

Liputan6.com, Melbourne - Salah satu ikon di Kota Melbourne, Australia adalah Sungai Yarra atau Yarra River. Terbentang di sebelah selatan Victoria, dan mengalir sepanjang 240 km.

Informasi yang diperoleh Liputan6.com, sungai ini juga dikenal dengan nama Birrarung oleh suku Wurundjeri yang menghuni lembah Yarra sebelum bangsa Eropa datang.

Sungai ini bersumber dari serangkaian rawa-rawa di sebelah timur plato Baw Baw, sebuah taman hutan yang lebat dan mengalir hingga Teluk Port Phillip, di mana terletak pelabuhan tersibuk Melbourne.

Saat Liputan6.com berkunjung ke Melbourne dan menyusuri Sungai Yarra, terlihat di sisinya berjajar bangunan-bangunan tinggi serta tempat makan dan bergaul anak-anak muda.

Bangunan  di sepanjang Sungai Yarra di Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Kedai-kedai tersebut menyajikan menu makanan mulai dari Eropa hingga Asia, atau sekedar makanan ringan untuk sambil menikmati pemandangan.

Jogging track mengitari pinggir sungai juga disediakan oleh pemerintah Melbourne. Selain itu ada pula semacam alat panggang (barbeque) di beberapa bagian pinggir Sungai Yarra.

Para pengunjung diperbolehkan memakai alat tersebut tanpa dikenakan biaya.

Jogging track di sepanjang Sungai Yarra di Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Tak hanya indah, sungai ini ternyata juga pernah menjadi arena Tim Nasional Dayung Australia berlatih jelang tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Hasilnya, Kim Brennan salah satu perwakilan dari Negeri Kanguru itu berhasil meraih medali emas nomor single sculls, dengan catatan waktu 7 menit 21 detik.

'Markas' tim Nasional Dayung Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Menikmati indahnya Sungai Yarra juga bisa dengan menggunakan kapal pesiar. Untuk menaiki kapal tersebut, pengunjung dikenakan biaya 10 dollar Australia atau sekitar Rp 100 ribu.

Sungai ini juga ternyata menjadi sumber air utama di Kota Melbourne yang merupakan Ibu Kota Negara Bagian Victoria.

Berikut cuplikan liputannya, hasil kerja sama Liputan6.com dengan ABC Internasional:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS