Sukses

3 Restoran 'Obat Rindu' Warga RI di Australia

Berikut ini rangkuman Liputan6.com tentang tiga restoran Indonesia yang berada di Melbourne, Australia.

Liputan6.com, Melbourne - Ketika berada di negeri orang, salah satu hal yang dirindukan dari Tanah Air adalah makanannya. Tentu sulit menggantikan cita rasa masakan khas Indonesia yang sudah terlanjut melekat di lidah.

Seperti yang dialami para perantau atau pekerja asal Indonesia di Melbourne, Victoria, Australia. Demi mengobati kerinduan akan hidangan Nusantara, tak jarang mereka sampai harus berburu ke kawasan tertentu.

Dalam kunjungan ke Melbourne pada pertengahan September lalu, Liputan6.com berkesempatan mengunjungi tiga restoran Indonesia yang menyajikan menu mulai dari ayam penyet, soto ayam, hingga rujak cingur. Berikut rangkumannya:

1. Restoran Nelayan

Terletak di 265 Swanston St, Melbourne VIC 3000, Australia, restoran ini menyajikan makanan Indonesia dalam bentuk paket maupun satuan. Ada nasi goreng kambing, rendang, sayur tauge, sayur asam hingga lodeh. Ayam bakar atau goreng pun disediakan di sini.

Per porsinya dihidangkan dalam ukuran besar. Jika tak ingin terlalu banyak makan para pembeli dapat meminta agar porsinya dikurangi.

Nelayan restoran di Melbourne, Australia. (thewoeldlovesmelbourne.com)

Menurut informasi yang diperoleh Liputan6.com, kebanyakan pengunjung yang datang ke restoran ini penasaran dengan menu rendang.

"Wah ini rendangnya luar biasa banget, banyak porsinya. Enak, lembut," ujar salah satu pengunjung asal Indonesia, Gilimaya kepada Liputan6.com.

"Nasi gorengnya juga enak nih, mirip dengan yang ada di Indonesia," imbuh pengunjung lainnya yang disapa Bur.

Selain itu, rempeyek di restoran ini juga kerap diburu. Karena sulit ditemukan di tempat makan lainnya.

Harga yang ditawarkan Nelayan Restoran ini mulai dari 6 hingga 13 dolar Australia atau sekitar Rp 60 hingga Rp 130 ribu untuk sekali makan dengan gratis minum air putih.

2. Blok M Restoran

Rumah Makan Blok-M ini terletak di 380 Little Bourke Street. Sedikit sulit untuk menemukan restoran ini, sebab tak berada di jalan utama.

Bangunan rumah makan ini terletak di jalanan kecil di antara gedung-gedung tinggi di Melbourne.

Restoran yang melayani dengan bahasa Indonesia ini memiliki enam menu unggulan. Dua di antaranya adalah gulai kambing dan rendang.

Ayam goreng ala rumah makan Blok M di Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Gulai kambing ala rumah makan Blok M di Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Soal rasa, gulai kambing dan rendang di restoran ini bahkan disebut-sebut lebih enak dari yang disajikan di Indonesia.

Untuk menyantap satu porsi besar keduanya, harga yang dibanderol adalah 8 hingga 11 dolar Australia atau sekitar Rp 80-110 ribu.

3. Ayam Penyet Ria

Bagi perantau di Melbourne yang rindu dengan ayam penyet dan sambal super pedas, rumah makan yang satu ini patut disambangi saat makan siang atau malam.

Di rumah makan yang terletak di 248 Clarendon Street South Melbourne, menu yang disajikan mayoritas serba 'penyetan'. Mulai dari ayam penyet, telor penyet, terong penyet, empal penyet, iga penyet, hingga udang penyet.

Terong penyet ala warung makan 'Ria Penyet' di South Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Jangan tanya soal rasa sambal di restoran ini. Pedasnya luar biasa.

"Ini sampai keringetan, gak kuat, harus dicampur kecap," ucap salah satu WNI yang jadi permanent resident di Australia, Indria kepada Liputan6.com.

Selain itu, ada juga menu berkuah seperti soto ayam, sayur asem, rawon, dan soto betawi.

Soto ayam ala warung makan 'Ria Penyet' di South Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Makanan di tempat ini berharga mulai dari 7 hingga 11 dolar Australia atau sekitar Rp 70 ribu hingga Rp 110 ribu di luar tambahan minum.

Ayam penyet ala warung makan 'Ria Penyet' di South Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Liputan ini merupakan kerjasama Liputan6.com dengan ABC International.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.