Sukses

'Ritual' Baju Pink Warga Thailand Demi Kesembuhan Raja

Beberapa warga Thailand percaya bahwa warna pink dapat meningkatkan kondisi kesehatan sang raja.

Liputan6.com, Bangkok - Kesehatan Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej dilaporkan kian memburuk. Keadaan ini membuat warga Negeri Gajah Putih cemas.

Hal ini diperparah dengan pernyataan dari pihak Kerajaan Thailand, bahwa dalam dua hari terakhir orang nomor satu di negaranya tersebut berada dalam kondisi tak stabil.

Tak ingin hal buruk terjadi, warga Thailand mulai memanjatkan doa bagi kesembuhan sang raja. Bukan hanya itu, tindakan lain yang di luar logika juga mereka lakukan.

Salah satunya adalah menggunakan baju warna pink. Beberapa warga Thailand percaya bahwa warna tersebut dapat meningkatkan kondisi kesehatan sang raja.

Salah satu warga Thailand yang percaya kekuatan warna pink tersebut adalah Chay Chinapairot. Dia menjelaskan, ia memakai baju merah muda tujuan tak lain supaya kesehatan raja terus membaik.

"Saya sangat khawatir. saya memakai baju pink setiap hari," ucap Chay seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/10/2016).

Gerakan memakai baju warna pink untuk membantu kesehatan raja juga menjadi sesuatu yang viral di sosial media. Salah satu halaman Facebook, We Love Thai King yang mempopulerkan hastag wishthathismajestyrecoverssoon sudah mempunyai 2,5 juta pengikut.

Warna pink memang pernah beberapa kali dipakai Raja Bhumibol. Apalagi ketika beberapa tahun lalu, astronom Thailand mengatakan, warna tersebut dapat mendatangkan hal baik bagi sang raja.

Senin 10 Oktober waktu setempat, pihak Kerajaan Thailand mengatakan tim dokter sedang mengajukan izin formal agar sang raja Thailand istirahat dari tugas-tugas resmi.

"Tekanan darah raja turun jauh karena ia sedang dipersiapkan untuk hemodialisis, prosedur yang digunakan untuk mengobati gagal ginjal," demikian disampaikan pihak istana melalui pernyataan yang dirilis pada Minggu 9 Oktober malam waktu setempat.

Menurut informasi pihak Istana, kini Raja Bhumibol tengah dipasangi ventilator untuk membantu pernapasannya. Lalu diberikan obat untuk membantu mengembalikan tekanan darah ke tingkat normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini