Sukses

1 dari 10 Penduduk Desa Ini Berusia 100 Tahun, Ini Rahasianya

Ternyata terdapat sebuah rahasia mengejutkan yang membuat penduduk di desa ini berumur panjang.

Liputan6.com, Acciaroli - Sebuah desa di Italia, di mana 1 dari 10 penduduknya berusia mencapai 100 tahun mengungkap rahasia umur panjang mereka.

Ilmuwan menghabiskan enam bulan untuk meneliti bagaimana penduduk di Acciaroli, sebuah desa kecil di pantai barat Italia, dapat berumur panjang. Di sana terdapat 81 orang dari 700 penduduk yang usianya telah mencapai 100 tahun.

Selain berumur panjang, sebagian besar penduduk setempat juga terhindar dari penyakit jantung, demensia, dan kondisi lain yang terkait dengan penuaan.

Seorang penduduk Acciaroli yang berusia 100 tahun, Antonio Vassalo, menyebut manfaat dari diet Mediterania yang berbasis pada minyak zaitun, sayur-sayuran, ikan, dan buah segar.

"Kami hanya mengonsumsi makanan sehat," kata Vassalo seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (5/9/2016).

Seorang penduduk Acciaroli yang berusia 100 tahun, Antonio Vassalo (AFP)

"Kami mengonsumsi banyak ikan, produk segar dari pedesaan yang kami rawat sendiri," imbuh istri Vassalo, Amina (93 tahun).

"Kami memelihara kelinci dan ayam. Hanya produk lokal. Dan minyak zaitun, kami mengonsumsi apa yang kami produksi," jelasnya.

Ahli jantung San Diego Alan S Maisel mengatakan, penduduk Acciaroli yang berumur panjang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk tingginya konsumsi rosemary dan gaya hidup aktif yang ditunjang oleh jalanan curam di rumah mereka.

"Mereka mengonsumsi rosemary hampir setiap hari dan mereka menanamnya. Seperti yang kita tahu, rosemary meningkatkan fungsi otak," jelas Maisel.

"Mereka juga hidup aktif. Apakah itu memancing, berjalan kaki atau berkebun, semua orang melakukan sesuatu setiap hari."

Ilustrasi diet Mediterania. Foto: troymedia

Penelitian yang dilakukan ahli dari San Diego dan Sapienza University itu berfokus pada 80 orang berusia lanjut, termasuk 25 orang yang telah berumur 100 tahun.

Ahli dari Sapienza University Salvatore Di Somma mengatakan, tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi apa yang dapat dunia contoh dari kehidupan di Acciaroli.

"Yang ingin kami buat adalah semacam scoresheet klinis, yakni sebuah alat untuk menjelaskan bahwa seseorang yang ingin berumur panjang harus menajalani diet tertentu, melakukan aktivitas fisik sampai tingkat tertentu, jenis kehidupan sosial yang harus dijalani, dan cara berpikir tertentu," ujar Di Somma.

Salah satu sudut di Acciaroli (AFP)

Maisel mengatakan, Acciaroli merupakan tempat yang berbeda, di mana laki-laki dan perempuan bisa berumur panjang.

"Biasanya perempuan memiliki hidup yang lebih lama dari laki-laki," ujarnya.

Ia juga mengungkap rahasia lain yang membuat penduduk Acciaroli berumur panjang.

"Aktivitas seksual bagi mereka yang berusia lanjut merupakan hal yang sering dilakukan. Mungkin itu adalah salah satu sebab mereka dapat berumur panjang, mungkin disebabkan karena udara yang baik dan joie de vivre--menikmati hidup ini," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini