Sukses

Gedung Berbentuk Blok Tetris Menuai Komentar Netizen

Walaupun pemerintah China secara resmi melarang bangunan berdesain aneh, namun sejumlah orang tak menghiraukannya.

Liputan6.com, Zhengzhou - Walaupun pemerintah China secara resmi melarang bangunan berdesain aneh, namun sejumlah orang tak menghiraukannya dan tetap membangun gedung berbentuk tak wajar di seluruh negara itu.

Contoh terbaru datang dari Zhengzhou, Ibu Kota Provinsi Henan. Di kota tersebut tampak tiga bangunan tempat tinggal dengan desain blok yang diacak layaknya permainan tetris.

Dikutip dari Shanghaiist, Senin (25/7/2016), desain mencolok itu memicu sejumlah netizen untuk berkomentar. Secara mengejutkan, beberapa dari mereka memuji kreativitas sang arsitek.

"Aku harus mengatakan, aku terkesan. Hal itu menunjukkan bahwa arsiteknya benar-benar kreatif. Siapa yang pernah berpikir bahwa seseorang akan membangun bangunan yang inovatif seperti itu?" tulis salah satu netizen.

Gedung berdesain layaknya blok tetris yang memicu komentar dari sejumlah netizen (dfic.cn)

Namun terdapat juga netizen yang tak menyukai desain bangunan tempat tinggal itu.

"Gedung itu sangat jelek! Siapapun yang membangun harus mempertimbangkan sistem drainase. Ketika hujan, aku khawatir bahwa air akan membanjiri permukaan datar," ujar salah satu netizen.

"Sejujurnya, gedung itu tampak aneh. Mengapa arsitek tak membangun bangunan tempat tinggal yang normal saja?" tutur pengguna internet lain.

Presiden China, Xi Jinping, juga melontarkan pertanyaan serupa. Pada 2014, ia mengatakan bahwa bangunan aneh di China bukan contoh dari seni yang menginspirasi.

Awal tahun 2016, Beijing akhirnya menyerukan moratorium kepada seluruh bangunan dengan desain yang aneh.

Namun tampaknya peraturan itu tak diindahkan. Bulan lalu bangunan yang mirip seperti toilet raksasa telah selesai dibangun di China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini