Sukses

5 Meme Kocak Sindir Istri Trump yang Jiplak Pidato Michelle Obama

Liputan6.com, Jakarta - Partai Republik Amerika Serikat menyelenggarakan konvensi di Cleveland, Ohio, pada Selasa 19 Juli 2016. Di hari pertama, capres dari partai tersebut, Donald Trump, memberikan panggung untuk istrinya, Melania.

Melania Trump menjadi pusat perhatian saat mantan model asal Slovania itu berpidato mempromosikan sang suami. Ia menyebut, taipan properti itu sebagai "anugerah bagi AS".

Alih-alih mendapat pujian, Melania Trump justru dituding melakukan plagiarisme. Ia diduga menjiplak isi pidato Ibu Negara AS, Michelle Obama dalam kovensi Partai Demokrat pada 2008.

Banyak pihak dihebohkan dengan pidato Melania. Sejumlah media langsung membandingkan isi pidato istri Trump dengan Michelle Obama.

Selang dua hari setelah kehebohan itu terjadi, penulis naskah yang bekerja untuk Donald Trump mengidentifikasikan dirinya sebagai sosok yang paling bertanggung jawab atas hebohnya dugaan penjiplakan pidato Melania Trump saat konvensi Partai Republik. Ia juga menyampaikan pengunduran dirinya.

Dalam pernyataanya itu, McIver mengaku telah memasukkan kalimat dari pidato Michelle Obama pada 2008 ke pidato Melania.

Apapun upaya yang dilakukan pihak Trump, kehebohan terlanjur menyebar. Sejumlah meme yang menyindir plagiarisme Melania Trump pun beredar di internet. Tak hanya itu, tagar #FamousMelaniaTrumpQuotes juga ramai diperbincangkan.

Berikut meme kocak yang menyindir Melania Trump dari berbagai sumber:

1. Kembalikan Pidatoku

Meme yang menyindir plagiarisme Melania Trump (Twitter/Miss Myrtle)

Dalam meme tersebut, Michelle Obama yang tampak murung memegang sebuah kertas bertuliskan "Bring back my speech" atau "Kembalikan pidatoku".

Aslinya, kertas tersebut bertuliskan '#Bring Back Our Girls'. Kala itu, Ibu Negara AS tersebut berpartisipasi dalam kampanye penyelamatan 300 gadis yang diculik dari sebuah sekolah di Chibok, Nigeria pada 14 April 2014.

"Apa yang terjadi di Nigeria bukan sebuah insiden yang terisolasi. Itu adalah kisah yang kita lihat setiap hari saat para gadis di seluruh dunia mempertaruhnya nyawa mereka untuk mengejar cita-cita," kata Michelle Obama.

Fotonya dengan wajah muram tersebut kini digunakan sebagai meme. 

 

2. Copy-Paste

Sejumlah meme menyindir plagiarisme Melania Trump (Twitter/Sebastian Cevallos)

Seorang pengguna Twitter menyindir, bahwa pidato yang disampaikan Melania diketik dengan menggunakan keyboard yang hanya terdiri dari tiga tombol, control, copy, dan paste.

2 dari 2 halaman

Senjata Makan Tuan

3. Melania Trump Menyontek

Sejumlah meme menyindir plagiarisme Melania Trump (Saint Hoax)

Dalam meme tersebut, Melania dan Michelle digambarkan berada di sebuah ruangan dan terlihat seperti sedang mengerjakanujian.

Istri Trump yang berbaju merah itu pun terlihat menyontek Michelle.

4. Lupa Diedit

Sejumlah meme menyindir plagiarisme Melania Trump

Sebuah meme bertuliskan "Aku wanita kulit hitam yang bangga dan mandiri," jelas menyindir Melania.

Pasalnya ia bukan perempuan berkulit hitam. Maksud dari sindiran tersebut adalah, mungkin ia lupa mengedit kalimat Michelle Obama dalam pidatonya.

5. Senjata Makan Tuan

Sejumlah meme menyindir plagiarisme Melania Trump

Meme berikut juga terang-terangan menyindir Capres AS dari Partai Republik, Donald Trump, yang dikenal memiliki sentimen terhadap imigran.

"Trump berkata bahwa imigran datang untuk mencuri. Istrimu merupakan contoh yang sempurna. Ia mencuri pidatoku."