Sukses

Surat Kelulusan Mengharukan bagi Bocah Autis

Sang guru menekankan bahwa Ben memiliki banyak bakat dan kemampuan lain yang tidak terukur dalam ujian-ujian tersebut.

Liputan6.com, St Helens - Seorang murid sekolah berusia 11 tahun yang didiagnosis autisme tidak lulus ujian SAT di sekolahnya, Lansbury Bridge School & Sports College, Inggris.

Di Inggris, SAT adalah serangkaian ujian yang diwajibkan kurikulum nasional dan dipakai untuk mengetahui pencapaian siswa sekolah umum di Inggris. SAT ini tidak sama dengan ujian SAT di Amerika Serikat.

Dikutip dari boredpanda.com, Senin (18/7/2016), seorang guru bernama Ruth Clarkson kemudian menulis sepucuk surat kepada Ben Twist, siswa tersebut, yang isinya menguatkan anak didiknya. Clarkson menjelaskan bahwa rangkaian ujian itu bukanlah segalanya.

Sang guru menekankan bahwa Ben memiliki banyak bakat dan kemampuan lain yang tidak terukur dalam ujian-ujian tersebut.

Bakat-bakat yang dimaksud, misalnya seni, kemampuan olahraga, kemampuan musik, keramahan, perkembangan kemandirian, dan lainnya.

Setelah membaca surat itu, Gail Twist, ibunda Ben, tidak dapat menahan tangisnya. Menurutnya, isi surat itu sangat menyentuh hati sehingga ia mengunggah foto surat ke Twitter.

Foto itu disertai kalimat, "Sedang menangis. Sepucuk surat kepada putra autis saya yang berusia 11 tahun dari sekolahnya."

"Ujian-ujian ini hanya mengukur sebagian kecil dirimu," ujar sang ibu. 

Bukah hanya ibunda Ben yang merasa tersentuh dengan isi surat tersebut. Beberapa pengguna Twitter lain juga merasa tersentuh.

Ibunda Ben mengatakan kepada Metro bahwa putranya menganggap surat itu 'hebat' dan 'ia rasanya sukar mempercayai ada orang yang mengatakan hal-hal baik tentangnya.'

 Berikut isi surat yang mengharukan: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isi Surat dari Guru Sekolah

Berikut adalah terjemahan bebas isi surat yang dimaksud:

Ben yang baik,

Saya menulis surat ini untuk memberi selamat atas sikap dan keberhasilanmu menyelesaikan tahap akhir SAT.

Gil, Lynn, Angela, Steph, dan Anne telah bekerja dengan baik bersamamu dalam tahun ini dan kamu telah meraih kemajuan yang membanggakan.

Saya telah menuliskan kepadamu dan orangtuamu mengenai hasil ujian-ujian.

Ada satu bagian informasi yang saya ingin kamu mengerti bahwa ujian-ujian ini hanya mengukur sebagian kecil tentangmu dan kemampuan-kemampuanmu. Ujian-ujian itu penting dan kamu telah melakukan dengan baik, tapi Ben Twist memiliki banyak kemampuan dan bakat lain yang kami lihat dan ukur sendiri di Lansbury Bridge.

Bakat-bakat lain yang kamu miliki dan tidak diukur dalam ujian termasuk

Bakatmu dalam bidang seni
Kemampuanmu untuk bekerja sama dalam tim
Kemandirianmu yang berkembang
Keramahanmu
Kemampuanmu menyampaikan pendapat
Kemampuanmu dalam bidang olahraga
Kemampuanmu untuk membangun dan menjaga pertemanan
Kemampuanmu untuk berbincang dan mengukur kemajuanmu sendiri
Bakatmu merancang dan membangun
Kemampuanmu dalam bermusik

Kami sangat senang bahwa semua bakat dan kemampuanmu ini membuatmu seorang yang istimewa dan ini semua adalah hal-hal yang kami ukur untuk meyakinkanmu bahwa kamu selalu membuat kemajuan dan terus berkembang sebagai seorang pria muda cerdas yang menyenangkan.

Baik sekali, Ben, kami sangat bangga denganmu.

Sang guru menekankan bahwa Ben memiliki banyak bakat dan kemampuan lain yang tidak terukur dalam ujian-ujian tersebut. (Sumber boredpanda.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini