Sukses

Tak Hanya di Indonesia, Mudik Lebaran juga Ada di India

Tradisi mudik ternyata tak hanya dimiliki Indonesia, namun juga masyarakat Muslim India.

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi mudik ramadan ternyata tak hanya dikenal di Indonesia. Namun kegiatan tahunan ini lazim dilakukan di India.

Menurut Wakil Duta Besar India di Indonesia, Manish, budaya mudik hampir setiap tahunnya terjadi di negaranya.

"Di negara saya, umat Muslim ketika Idul Fitri, biasanya kembali ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga," ucap Manish di rumah Dubes India di Menteng Jakarta, Rabu 8 Mei kemarin.

Tak cuma mudik, budaya lain di India yang serupa dengan yang dilakukan di Indonesia menjelang hari raya adalah belanja. Dia mengatakan, saat hari raya tiba, maka umat Islam di India biasanya akan berbelanja untuk memenuhi berbagai kebutuhan di hari raya.

Senada dengan wakilnya, Duta Besar India di Indonesia, Nengcha Lhouvoum menjelaskan hal tersebut wajar terjadi. Pasalnya, populasi umat Islam di India cukup besar.

"Kami punya populasi muslim yang sangat besar. Kami negara kedua dengan populasi Islam terbesar di dunia setelah Indonesia, sebesar 14,5 persen dari populasi sekitar 175 juta," kata dia.

"Meskipun Islam di India minoritas tapi jumlahnya sangat besar," sambung Nengcha.

Nengcha mengatakan, di dalam kebudayaan dan kehidupan bermasyarakat India, budaya-budaya Islam juga sangat terlihat.

"Salah satu masjid tertua di India, Masjid Jamal, sangat ikonik dan beberapa monumen yang kami banggakan adalah bangunan Islam," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.