Sukses

Kata 'Wah' dan 'Shiok' Tertulis di Kamus Bahasa Inggris Oxford

Total ada 19 istilah dari Singapura dan 13 istilah dari Hong Kong dalam edisi terbaru kamus itu.

Liputan6.com, London - Kamus bahasa Inggris Oxford (OED) membuat terobosan baru. Beberapa kata serapan dari bahasa Inggris ala Singapura dan Hong Kong resmi masuk kamus tersebut.

Sejumlah contoh kata-kata yang dimasukkan adalah 'wah', 'shiok' serta 'yum cha'. Total ada 19 istilah dari Singapura dan 13 istilah dari Hong Kong dalam edisi terbaru kamus itu.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia yang dikutip Minggu (15/5/2016), kata 'wah' dalam kamus OED diartikan sebagai ucapan menyenangkan atau tanda keterkejutan.

Sementara 'shiok' diartikan keren. Kata 'yum cha' berarti sarapan pagi yang digabung makan siang. Dalam bahasa Inggris istilah ini dikenal sebagai brunch.

Selain kata-kata tersebut, kata seperti 'blur' yang bermakna bebal serta 'sabo' dengan arti membahayakan juga masuk dalam OED.

OED tidak sembarangan memasukan kata-kata baru tersebut. Pihak mereka menyebut, pertimbangan karena sering digunakan di Hong Kong dan Singapura.

Menurut OED, sebuah kata atau istilah baru memenuhi syarat untuk masuk jika ada contoh-contoh mandiri dari penggunaannya dan juga bukti bahwa digunakan dalam jumlah yang layak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.