Sukses

Kim Jong-un Periksa Pelontar Rudal Tipe Baru Korea Utara

Korea Selatan punya persepsi sendiri tentang kegiatan pimpinan Korea Utara, Kim Jong-un.

Liputan6.com, Seoul - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menginspeksi pelontar rudal tipe baru di sebuah unit militer dalam kegiatan publik yang berhubungan dengan kemiliteran selama delapan hari. Terakhir kali, Kim mengunjungi sebuah unit militer pada 25 Maret untuk memeriksa latihan artileri jarak jauh.

"Kim menguji kelayakannya tipe baru senjata itu," Kantor Berita Korea Utara (KCNA) melaporkan tanpa menyebutkan tanggal dan lokasi pemeriksaan seperti yang dilansir Yonhap.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan pergerakan Kim Jong-un tersebut tercium pada Jumat 1 April 2016. Dia menuding diktator Korut itu tidak hanya mengecek alat persenjataannya. Korut juga menguji persenjataannya dengan melontarkan rudal ke perairan lepas pantai timur.

Menurut dia, Korea Utara menembakkan rudal antipesawat sekitar 12.45 waktu setempat dari Provinsi Hamgyong Selatan.

"Tes memverifikasi bahwa tipe baru AA sistem senjata itu sempurna," kata dia. Kim Jong-un dilaporkan sangat puas atas alat tersebut.

Pada Sabtu (2/4/2016), KCNA mengatakan Kim juga memeriksa pabrik mesin di Hamhung, utara Provinsi Hamkyong.

Kunjungan Kim ini untuk menunjukkan kepeduliannya tentang mata pencaharian orang-orang biasa dan hampir matinya perekonomian di negara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini