Sukses

Gitaris Beatles George Harrison Meninggal Dunia

Liputan6.com, Los Angeles: Seorang di antara empat personel grup legendaris The Beatles, George Harrison meninggal dunia di Los Angeles, Amerika Serikat, Kamis (29/11) pukul 21.30 waktu setempat. Gitaris ini meninggal akibat penyakit kanker dan tumor yang dideritanya sejak beberapa tahun silam.

Sebelumnya, Harrison dinyatakan mengidap kanker tenggorokan pada 1997 akibat kebiasaan merokok. Untuk itu, ia harus menjalani dua kali perawatan intensif. Namun, pada awal 2001, penyakit tersebut kembali ditemukan di tubuhnya, yaitu di bagian paru-paru. Untuk yang terakhir ini, ia harus rela perangkat pernapasannya diangkat lewat sebuah operasi di Klinik Mayo, Minnesota, AS.

Kendati begitu, pada Juli silam, Harrison masih sempat mengeluarkan pernyataan agar para penggemarnya tak mengkhawatirkan kondisi kesehatannya. Namun, itu tak berlangsung lama lantaran ia harus dirawat di sebuah klinik di Swiss lantaran positif mengidap tumor otak. Dari tempat tersebut, ia dipindahkan ke New York, AS, sejak dua bulan silam untuk menjalani perawatan medis khusus dan terbaru, yaitu radio surgery.

Sayangnya, sebelum tindakan medis itu terlaksana, anggota termuda Beatles dan dikenal pendiam itu meninggal dunia dalam usia 58 tahun. Dengan begitu, telah dua personel Beatles yang meninggal dunia sekaligus menyisakan dua lainnya yang masih hidup, yakni Paul McCartney dan Ringo Star. Sebelumnya, anggota grup asal Liverpool, Inggris yang meninggal itu adalah John Lennon. Motor grup tersebut tewas ditembak penggemarnya pada 1980.

Layaknya anggota Beatles yang lain, Harrison berasal dari kelas pekerja di Liverpool, Inggris. Pria kelahiran 25 Februari 1943 ini menunjukkan ketertarikannya di musik sejak berusia 14 tahun. Untuk membuktikan keseriusannya, pada tahun itu juga, ia membeli sebuah gitar bekas dan mulai belajar beberapa chord musik. Tak disangka, ia berhasil membuktikan dirinya sebagai gitaris handal dari sebuah grup legendaris yang pernah melahirkan lagu-lagu hits sepanjang zaman, seperti Hey Jude, I Want To Hold Your Hand, dan She Loves You.(SID/Jsi)