Sukses

Gedung Pentagon di China Ini Lebih Besar dari Markas Dephan AS

Liputan6.com, Shanghai - Bukan hanya benda-benda atau tokoh terkenal saja yang kerap menjadi sasaran untuk ditiru atau dibuat versi replika. Sebuah bangunan dari Amerika Serikat ternyata juga dijadikan inspirasi.

Tiruan gedung Pentagon di Shanghai ini bahkan disebut-sebut lebih besar daripada aslinya yang terletak di pinggiran Washington, DC di AS.

Dikutip dari Shanghaiist.com pada Selasa (19/01/2016), gedung 'Pentagon' di China ini bukan memiliki fungsi pertahanan dan termasuk yang paling tidak berpenghuni.

Pentagonal Mart ini dibangun berkaitan dengan rencana pembukaan Shanghai Disneyland pada akhir tahun 2016 ini. Terletak di Distrik Nanhui, sekitar 8 kilometer dari Shanghai Disney Resort.

Bangunan maha besar ini menempati lahan seluas 283 ribu meter persegi -- lebih luas daripada gedung Pentagon milik Departemen Pertahanan AS yang menempati lahan 138 ribu meter persegi.

Bukan hanya sejumlah barang elektronik yang ditiru, gedung Pentagon juga ada tiruannya.(Sumber Xinhua via Shanghaiist.com)

 

Pembangunannya dimulai sejak 2009, tapi tidak banyak calon penyewa yang tertarik. Sejumlah pihak mempersalahkan interior bangunan yang dianggap membingungkan sebagai penyebab kurangnya peminat.

"Tempat ini tadinya membidik pusat grosir, tapi gagal menarik minat pedagang eceran. Kemudian pemerintah setempat mencoba untuk mendirikan outlet untuk barang-barang impor, tapi malah pengunjungnya yang tidak berminat," kata salah satu pejabat pemerintah.

 

Bukan hanya sejumlah barang elektronik yang ditiru, gedung Pentagon juga ada tiruannya.(Sumber Xinhua via Shanghaiist.com)

Yuk, mengintip ‘Pentagon’ di Tiongkok melalui video tayangan berikut ini: