Sukses

Menegangkan, Roller Coaster Ini bisa ke Luar Angkasa

Bukan hanya merasakan adrenalin dipicu, menaiki rollercoaster ini, penumpang bisa merasakan sensasi berada di luar angkasa.

Liputan6.com, Staffordshire - Jika Anda merasa wahana roller coaster biasa kurang berkesan, Anda harus mencoba sensasi menegangkan roller coaster yang dipadu dengan headset virtual reality.

Wahana baru bernama Galactica, gagasan Alton Towers, akan dibuka di taman hiburan di Staffordshire pertengahan 2016 mendatang.

Melalui Daily Mail, wahana adalah perpaduan rollercoaster dengan virtual reality (VR). Setiap penumpang akan mengalami sensasi roller coaster, melaju melalui rel sepanjang 840 meter dengan mengenakan headset virtual reality, memberikan ilusi meluncur ke ruang angkasa.

Dengan headset Virtual Reality, penumpang akan merasakan sensasi melayang di luar angkasa. (foto: Alton Towers.

Tampilan layar, disesuaikan dengan gerakan wahana roller coaster, dengan mengenakan VR headset. Pengendara duduk dalam posisi condong, dan akan merasakan sensasi sedang terbang.

Headset dilengkapi teknologi kecerdasan buatan, memandu pemakai meluncur ke luar angkasa. Teknologi VR memberi sensasi terbang, melompat, menembus bintang-bintang, masuk lubang cacing dalam kecepatan penuh. Semua itu dengan visual luar angkasa di depan mata.

Galactica akan dibuka pada April 2016 mendatang. Wahana ini disebut-sebut sebagai rollercoaster pertama di dunia yang secara khusus diciptakan untuk pengalaman virtual reality, menjadikan penumpang merasa seperti astronot.

Penumpang roller Coaster akan dibuat berputar dan melekuk secara ekstrem. Mereka akan merasakan sensasi mengambang di atmosfer dalam gravitasi nol.

Tema luar angkasa Galactica terinspirasi dari perjalanan luar angkasa pertama Tim Peake menuju ISS.

"Galactica menggunakan teknologi baru untuk memberi penumpang pengalaman roller coaster unik dengan penuh kejutan," ungkap direktur pemasaran, Gill Riley.

Menurut Riley, perjalanan Tim Peake membuat orang-orang di Inggris berangan-angan. Sehingga wahana dibuat demi memberikan pengalaman serupa kepada masyarakat.

Wahana diharapkan akan menarik kembali pengunjung ke taman hiburan. (foto: Alton Towers)

Wahana ini berhasil diwujudkan berkat Alton Towers, teknik khusus mereka membuat penumpang merasakan pengalaman naik roket saat rollercoaster meluncur menjadi kenyataan. Mereka akan merasakan sensasi naik ke langit persis seperti yang dirasakan astronot saat roket diluncurkan.

"Ini satu-satunya di dunia. Tidak ada rollercoaster lain yang membuat penumpangnya seperti sedang terbang, ditambah melayang di luar angkasa," tambah Riley.

Sebelumnya, taman hiburan Staffordshire sempat sepi pengunjung. Pasalnya pada bulan Juni 2015, dua penumpang wahana The Smiler mengalami kecelakaan. Kedua korban, Leah Washington dan Vicky Balch harus menjalani amputasi.

Investigasi membuktikan, kecelakaan diakibatkan human error, mengakibatkan pengunjung terjatuh. Wahana baru ini diharapkan akan menarik minat pengunjung dan menumbuhkan kembali kepercayaan mereka terhadap taman hiburan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini