Sukses

Ilmuwan Merekam Video Gurita Dumbo di Laut California

Gurita ini mendapatkan namanya dari salah satu karakter gajah terbang ciptaan Disney karena siripnya yang mirip telinga Dumbo.

Liputan6.com, Sacramento, California Seekor gurita dumbo merasa ‘malu’ sehingga menyembunyikan sulur-sulurnya di bawah tubuhnya sendiri. Keberadaan hewan pemalu itu terekam oleh kamera yang terpasang di Exploration Vessel Nautilus, sebagai bagian dari Ocean Exploration Trust. Sejumlah foto kemudian diunggah ke Twitter, sedangkan rekaman video tersebut diunggah ke Facebook.

Pada saat itu, kamera dan perlengkapan bawah air peneliti berada di lepas pantai California tengah. Sebelum mendapati gurita itu, kamera sempat merekam keberadaaan seekor ubur-ubur dan seekor hiu kecil.

Penelusuran lanjutan di situs Aquarium of The Pacific, dijelaskan bahwa gurita dumbo (Grimpoteuthis spp) dikenal sebagai gurita yang hidup paling dalam di antara gurita lainnya. Hewan ini sanggup hidup di dasar samudra pada kedalaman antara 3.000 meter hingga 4.000 meter.

Sepasang sirip yang di bagian atas tubuhya berbentuk seperti telinga Dumbo, nama dari salah satu karakter gajah terbang ciptaan Disney. Dari situlah ia mendapatkan nama gurita Dumbo.

Gurita Dumbo secara keseluruhan ada 17 spesies yang dikenal sebagai "gurita payung", karena mereka terlihat seperti payung ketika mengapung. Berbeda dengan gurita lain, gurita dalam yang termasuk dalam genus Grimpoteuthis ini memasukan mangsanya secara utuh ke dalam mulutnya, sementara Gurita lain akan meyobek-nyobek mangsanya sebelum melahapnya ke dalam mulut.

Walaupun terhibur dengan tampang gurita dumbo yang lucu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa otak hewan itu menempel di sekeliling
kerongkongan hewan yang tak bertulang belakang tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini