Sukses

Pengorbanan Mengharukan Orang Tua demi Anaknya yang Sakit

Sang ibu yang juga sakit rela tidak dioperasi, sementara sang ayah sampai harus bertelanjang kaki.

Liputan6.com, Shaanxi, Tiongkok - Pengorbanan sepasang suami-istri di Shaanxi, Tiongkok, ini mengundang rasa iba orang-orang.

Mereka adalah orang tua dari seorang anak bernama Zhang Xiaoming (8), yang mengidap sakit ginjal parah. Segala usaha mereka lakukan untuk membuat buah hati mereka tetap bertahan hidup.

Tidak hanya Xiaoming yang sakit, sang ibu didiagnosis menderita tumor rahim dan harus dioperasi. Namun, ia malah menolaknya agar uang yang ada dapat digunakan untuk pengobatan anaknya.

Tak hanya ibu, ayah Xiaoming, Zhang Caizhu, juga berhemat mati-matian. Ia hanya makan sepotong roti dan acar setiap hari.
Selain Xiaoming, mereka juga harus membiayai hidup putri remaja mereka yang mengalami keterbelakangan mental.

Keluarga ini sudah menjual 20 ekor kambing yang mereka miliki dengan harga 5000 yuan (sekitar Rp10,8 juta). Jumlah utang mereka juga sudah mencapai ribuan yuan.

Para staf rumah sakit tempat Xiaoming dirawat secara bergantian membayar biaya makan sang ayah setiap hari. Bahkan, seorang perawat membelikan sepatu untuk pria itu setelah ia tampak berkeliaran dengan bertelanjang kaki.

Kisah ini bukanlah satu-satunya. Masih banyak rakyat Tiongkok yang kesulitan mendapatkan akses layanan kesehatan yang memadai. (hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.