Sukses

Ada Komodo yang Terlihat dalam Selokan

Pria itu mengatakan bahwa penduduk setempat sering melihat sejumlah komodo berburu tikus secara bersama-sama.

Liputan6.com, Bangkok, Thailand Seorang wisatawan di Bangkok merekam keberadaan seekor komodo berukuran besar di dalam selokan bawah tanah di pusat kota. Dalam video YouTube unggahan John Hernandez ini, sang pengunggah menjelaskan, "Ya, saya sedang berada di luar sebuah kuil di pusat kota Bangkok dan orang-orang menjerit-jerit sambil menunjuk-nunjuk ke dalam bukaan selokan. Nah, itu dia. Saya ada video untuk membuktikannya."

Dalam tulisan di Reddit, pria itu mengatakan bahwa penduduk setempat sering melihat sejumlah komodo berburu tikus secara bersama-sama. Namun, seorang pembaca meragukan keberadaan hewan endemik itu dan menjelaskan bahwa komodo hanya hidup di Indonesia. Kemungkinan hewan itu hanyalah biawak atau sejenisnya.

Menurut akun Reddit bernama justcauseofit, "Komodo bisa menelan bulat-bulat makanan sebesar setengah ukuran tubuh kambing dewasa, jadi memangsa tikus-tikus di selokan tidaklah sesuai dengan fakta itu. Komodo adalah hewan berbahaya yang harus dihadapi dengan hati-hati, bukan seperti yang terlihat dari cara bagaimana orang-orang menghadapinya dalam video tersebut."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.