Sukses

Bom Guncang Pusat Kebudayaan di Turki, 28 Tewas

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun mengutuk pengeboman tersebut.

Liputan6.com, Suruc, Turki - Ledakan mengguncang kawasan Pusat Kebudayaan di Kota Suruc, Turki yang berbatasan dengan Suriah. Serangan yang diduga bom bunuh diri itu menewaskan paling tidak 28 orang dan melukai hampir 100 orang.

"Ledakan itu terjadi di taman Pusat Kebudayaan Senin siang sekitar pukul 12.00 waktu setempat," ucap pihak Kementerian Dalam Negeri Turki seperti dilansir BBC, Senin (20/7/2015).

Menurut sejumlah pejabat Turki, bukti awal menunjukkan itu adalah serangan bom bunuh diri oleh kelompok Negara Islam atau ISIS. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun mengutuk pengeboman tersebut.

Sementara Gubernur Sanliurfa, Izzettin Kucuk, mengatakan akan menyelidiki pengeboman tersebut, termasuk identitas pelaku bom bunuh diri yang diduga wanita berusia 18 tahun. "Kami akan berbagi hasil investigasi pada waktunya nanti."

Ilustrasi peta Kota Suruc, Turki yang berbatasan dengan Suriah. (BBC)

Kota di Turki tersebut berbatasan dengan Kota Kobani di wilayah Suriah yang mengalami pertempuran hebat antara pasukan Kurdi dan ISIS.

Tak mengherankan, bila kemudian Suruc tercatat sebagai salah satu kota yang paling banyak menampung pengungsi Suriah. Saat ini terdapat 35.000 pengungsi Suriah yang ditampung di sana. (Ans/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.