Sukses

Wow, Periksa Tulang Punggung Sembari Akrobat

Pria yang berpakaian dokter itu melakukan puntiran pada leher wanita tersebut, dilanjutkan dengan beberapa ketukan, gerakan, dan tarikan.

Liputan6.com, Tokyo - Seorang wanita yang datang memeriksakan diri ke dokter ahli tukang punggung mendapatkan kejutan yang tidak biasa. Dalam tayangan video YouTube berbahasa Jepang ini ditayangkan bagaimana seorang yang berpakaian seperti dokter ahli tulang punggung (chiropractor) melakukan pemeriksaan kepada seorang pasien wanita.

Pria yang berpakaian dokter itu melakukan puntiran pada leher wanita tersebut, lalu dilanjutkan dengan beberapa ketukan, gerakan, dan tarikan pada bagian-bagian tubuh ‘pasien’ yang tampak pasrah.

Mengutip dari laman Mayo Clinic, Sabtu (27/6/2015), perawatan kiropraktik adalah prosedur di mana seorang spesialis yang terlatih, yaitu seorang kiropraktor (chiropractor), menggunakan tangan atau peralatan kecil untuk menerapkan tekanan kejut yang terkendali ke sendi-sendi tulang belakang.

Tujuan perawatan kiropraktik, atau yang dikenal juga dengan manipulasi tulang belakang, adalah untuk memperbaiki arah struktrur dan meningkatkan fungsi jasmani tubuh. Selanjutnya situs Mayo Clinic juga menyebutkan bahwa kiropraktik merupakan kepanjangan dari sejumlah konsep ini:

- Tubuh manusia mempunyai kemampuan alamiah untuk menyembuhkan dirinya sendiri.
- Struktur tubuh manusia, yang mencakup syaraf, tulang, sendi, dan otot, berkelidan dengan kapasitas fungsi kesehatan keseluruhan.
- Perawatan kiropraktik membantu menyeimbangkan struktur dan fungsi tubuh dan merangsang penyembuhan diri.

Semoga yang ditayangkan video ini memang merupakan bagian dari praktek kiropraktik yang dimaksud di atas.

(Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.