Sukses

Awas, Kelelawar Serbu Perumahan

Hama kelelawar termasuk yang harus dipindahkan dari perumahan karena sejumlah alasan, misalnya kesehatan dan keselamatan.

Liputan6.com, Miami - Hewan kelelawar biasa bertempat tinggal di gua ataupun tempat-tempat gelap lainnya. Namun demikian tidak mengherankan jika kelelawar pun merambah ke atap rumah penduduk jika ada celah-celah di antara lapisan atap yang memungkinkan mereka tinggal dan berkembang biak.

Suatu video YouTube, belum lama ini diunggah oleh kontraktor Frank Istueta perihal hama kelelawar yang menghuni atap perumahan di Miami, Negara Bagian Florida, Amerika Serikat. Dalam video itu terlihat ratusan kelelawar telah menguasai wilayah yang lumayan luas di celah-celah atap rumah penduduk.

Merujuk kepada beberapa sumber, hama kelelawar termasuk yang harus dipindahkan dari perumahan karena sejumlah alasan, misalnya kesehatan dan keselamatan. Laman pembasmi hama Orkin menulis, pemilik rumah dapat menduga adanya kehadiran kelelawar melalui beberapa cara.

Ketika kelelawar keluar masuk suatu celah, minyak yang melapisi bulu mereka menempel ke bagian bangunan dan menimbulkan bercak cokelat ataupun hitam.

Bukan hanya itu, terdengar suara keramaian ketika kelelawar sedang berkegiatan. Selain itu, kotoran kelelawar berkeliaran di mana-mana. Kotoran kelelawar mengandung bekas-bekas serangga, sehingga dapat dibedakan dari kotoran tikus.

Kebanyakan kelelawar adalah pemakan serangga ataupun buah-buahan. Kelelawar mulai berkerumun ketika hewan betinanya memerlukan tempat melahirkan yang biasanya di pertengahan tahun. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini