Sukses

6-6-1981: Kereta Terjun ke Sungai Gara-gara 'Dicegat' Sapi

Suasana tenang berubah menjadi histeris saat ada sapi mellintas di rel. Sebagian besar gerbong kereta terjatuh ke Sungai Baghmati.

Liputan6.com, Calcutta - Sejarah mencatat, pada 6 Juni 1981, India dan sekitarnya mengalami musim hujan. Kondisi daratan sering basah dan lembab, baik di jalan raya maupun rel kereta.

Namun demikian, aktivitas warga negeri Hindustan tentu tak lantas berhenti. Kereta dari Mansi, Calcutta menuju Saharsa pun tetap beroperasi seperti biasa.

Saat itu, suasana langit siang begitu mendung. Awalnya tak ada masalah pada kereta yang mengangkut sekitar 1.000 orang. Riuh ramai di dalam kereta berlangsung seperti biasanya. Sama seperti hari-hari kemarin.

Tapi, suasana tenang berubah menjadi histeris. Gara-garanya, ada beberapa sapi yang melintas di depan rel tempat kereta hendak melintas. Masinis dan teknisi kala itu kalang kabut.

Orang nomor satu di kereta bersama partnernya itu bingung harus berbuat apa. Dengan sisa waktu yang sedikit, mereka memutuskan mengerem sejadi-jadinya.

Kereta berhenti mendadak, dari yang tadinya bergerak begitu cepat. Jalur di atas rel yang licin lantaran hujan, membuat sepur lepas kendali dan keluar rel.

Sebagian besar kereta terjatuh ke Sungai Baghmati. Tujuh dari sembilan gerbong masuk kali.

Kecelakaan yang saat itu disebut sebagai yang terburuk dalam sejarah India. Pemerintah setempat bergegas mengerahkan tim untuk menyelamatkan para korban. Beberapa hari pencarian digalakkan.

Para relawan menemukan sekitar 286 korban tewas di dalam sungai. Sedangkan 300 lainnya tak diketahui nasibnya, dan sisanya selamat dari maut.

Laman History.com, juga menuliskan bahwa penyebab kecelakaan kereta api itu disebabkan oleh kehadiran kawanan sapi secara mendadak di rel. Selain kondisi jalulr sepur yang licin.

Menurut situs Toptenz.net, kecelakaan kereta api ini merupakan salah satu yang terparah sepanjang sejarah, dengan jumlah korban tewas yang total mencapai lebih dari 500 orang.

Kecelakaan kereta api kerap terjadi di India pada tahun-tahun selanjutnya. Hal ini disebabkan oleh sistem keamanan dan teknologi kereta yang tak mumpuni, serta kurangnya perhatian terhadap rel yang rusak.

Pada 2012, Komite Transportasi India, seperti dimuat Telegraph, melaporkan sekitar 15 ribu orang tewas setiap tahun dalam sejumlah tragedi di rel kereta. Untuk mencegah kecelakaan, pemerintah kini berupaya memperbaiki sistem transportasi, pengawasan, dan memberikan perhatian penuh terhadap keselamatan penumpang.

Pada 6 Juni 1968, Robert F Kennedy yang merupakan adik Presiden ke-35 Amerika Serikat John F Kennedy menghembuskan napas terakhir. Ia ditembak setelah menyampaikan pidato kemenangan, dalam pemilihan awal internal Partai Demokrat di negara bagian California.

Di tanggal yang sama pada tahun 1984, permainan Tetris yang begitu mengemuka pada era 90-an dirilis untuk kali pertama. Permainan ini diciptakan oleh pria Moskow bernama Alexey Pajitnov, lulusan Akademi Ilmuwan Rusia. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini