Sukses

Jokowi Akan Kunjungi Gedung Putih

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan mengunjungi Kantor Presiden Amerika Serikat (AS), Gedung Putih, yang kini menjadi  kantor Barack Obama. Kabarnya, lawatan Presiden ke-7 RI tersebut akan dilakukan pada Juni 2015 mendatang.

Menurut laporan News.com.au, Jumat (6/3/2015), Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan mengatakan, kunjungan itu dalam rangka mempererat hubungan antara RI dan AS.

"Jokowi akan mengunjungi Gedung Putih pada pekan pertama bulan Juni," kata Luhut dalam laporan tersebut.

Luhut saat ini berada di Washington DC untuk mempersiapkan kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat. Luhut bertemu Penasihat Keamanan Nasional AS Susan Rice.

Jokowi menjadi salah satu dari empat pemimpin yang akan mengunjungi Amerika Serikat tahun ini, selain pemimpin Jepang, Korea Selatan, dan China.

Sejak menjabat Presiden pada Oktober 2014 lalu, Jokowi sudah pernah bertemu dengan Obama dalam acara East Asia Summit di Nay Pyi Tiaw, Myanmar pada November 2014 lalu.

Menurut mantan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Scot Marciel, dalam pertemuan itu, Obama meminta Jokowi untuk datang ke Washington DC untuk mempererat kerja sama kedua negara.

"Presiden Obama ingin terus bekerja sama dengan Indonesia dan berharap Presiden Jokowi bisa berkunjung ke Amerika Serikat," ungkap Scot Marciel, 2 Desember 2014. (Riz/Yus)

Loading