Sukses

Unik! Cari Parkir Mobil di Seoul dengan Bantuan Balon

Proses pencarian parkir mobil ternyata member andil kepada pemborosan penggunaan BBM.

Liputan6.com, Seoul- Proses pencarian parkir mobil ternyata member andil kepada pemborosan penggunaan BBM. Sebuah perusahaan migas di Korea Selatan mencoba membantu penghematan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) di Seoul, Korea Selatan.

Perusahaan itu, S-Oil, mengamati bahwa secara rata-rata seorang pengemudi mobil akan melipir sekitar 500 meter hanya untuk mencari ruang parkir.

Jika dihitung dalam sebulan, jarak ini setara dengan kira-kira 15 kilometer. Kalau pemakaian 1 liter BBM bisa untuk 15 kilometer, maka secara rata-rata seorang pengemudi di Seoul menghabiskan 1 liter BBM setiap bulan hanya dalam upaya mencari ruang parkir di Seoul.

Kemudian datanglah gagasan yang menggunakan teknologi sederhana untuk menjadi pemberitahuan adanya ruang parkir yang tersedia kepada para pencari ruang parkir itu.

Dengan pencarian ruang parkir secara cepat, semakin hematlah waktu dan konsumsi BBM dalam proses ini. Hasilnya, dalam kampanye mereka, terhitung ada 700 mobil yang menghemat 23 liter BBM dalam satu hari. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.