Sukses

Pintu Kokpit Macet, Pesawat Mendarat Darurat dengan Kopilot

Liputan6.com, Las Vegas - Adegan menegangkan terjadi di penebangan Delta Airlines dari Minneapolis ke Las Vegas pada Jumat 30 Januari waktu setempat. Saat pesawat sedang mengudara, tiba-tiba saja si pilot menghampiri para penumpang.

Ada apa gerangan? Padahal seharusnya pengendali transportasi udara itu berada di balik kemudi.

"Itu pilot kami, dia terkunci di luar kokpit. Kami akan mendarat dengan kopilot. Pilot berada di belakang pesawat," ujar penumpang bernama Curry Russell yang merekam video seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu (31/1/2015).

Kemudian si pilot menyampaikan kepada penumpang bahwa pintu kokpit terkunci, setelah ia kembali dari toilet. Lalu meminta para penumpang tenang, serta memberitahu kopilot untuk memberitahukan menara pengawas terkait pendaratan darurat tersebut.

"Dari 168 orang di atas pesawat Delta penerbangan 1651 tak ada yang terluka, dan pesawat MD-90 itu juga tidak rusak," ungkap juru bicara Bandara Internasional McCarran, Christine Crews.

Pesawat pun menuju Las Vegas, dan ditarik ke gerbang reguler di McCarran waktu sekitar 00.30 waktu setempat.

"Pesawat komersial itu mendarat dengan kopilot, dan kru Delta Airlines telah dilatih untuk situasi seperti itu," ujar juru bicara Delta Airlines Lindsay McDuff.

Ketika pesawat sudah mendarat, suasana tegang pun mencair. Suara tepuk tangan dari para penumpang pun memecah kepanikan mereka.

Berdasarkan penuturan kru pesawat, jelas McDuff, hanya bagian pintu kokpit yang mengalami kerusakan. "Akan dievaluasi oleh teknisi pemeliharaan," ucap dia. (Tnt/Sss)