Sukses

3 'Tokoh Utama' ISIS Tewas dalam Serangan Udara AS

Salah satu petinggi ISIS yang teridentifikasi adalah Haji Mutazz, wakil urusan administrasi di Irak pimpinan Abu Bakr al Baghdadi,

Liputan6.com, Baghdad - Militer Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara baru-baru ini terhadap para pejuang ISIS di Irak dan Suriah. Pihaknya menyatakan telah menewaskan tiga 'tokoh utama' yang menjadi pemimpin kelompok ekstrimis itu.

"Pembunuhan itu akan mengurangi kemampuan kelompok militan dalam memimpin dan mengendalikan daerah-daerah yang dikuasai di Irak dan Suriah," kata pejabat senior Departemen Pertahanan Amerika Serikat seperti dikutip dari VOA News, Jumat (19/12/2014).

Para petinggi ISIS tersebut diidentifikasi sebagai Haji Mutazz yang merupakan wakil urusan administrasi di Irak bagi pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi, dan Abd al Basit selaku panglima militer ISIS di Irak -- keduanya digambarkan sebagai petinggi kelompok ISIS. 

Sementara seorang lagi adalah Radwin Thalib, petinggi tingkat menengah yang bertindak sebagai pemimpin ISIS di Mosul.

Sebelumnya pada Kamis 18 Desember pagi, komandan pasukan AS dalam operasi anti-ISIS memperingatkan bahwa pertempuran masih jauh dari kata selesai.

"Akan diperlukan sedikitnya 3 tahun untuk membangun sejumlah kekuatan yang diperlukan," ungkap Letnan Jenderal James Terry mengatakan.

Para pejabat mengatakan lebih dari 1.300 serangan udara telah diluncurkan sejak bulan Agustus dan pasukan keamanan Irak yang lebih kuat. Hal itu telah membuat dampak signifikan terhadap kemampuan kelompok ISIS untuk beroperasi di Irak.

Sebelumnya, dilansir dari Fox News, serangan AS yang dilancarkan antara 3 dan 9 Desember lalu dilaporkan menewaskan Abd al Basit, kepala operasi militer ISIS. Sementara pada November, komandan tingkat menengah Radwin Thalib. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.