Sukses

SBY Terima Penghargaan The Grand Order of Mugunghwa dari Korsel

The Grand Order of Mugunghwa merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Korsel kepada yang telah banyak memberikan kontribusi

Liputan6.com, Seoul - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menerima penghargaan The Grand Order of Mugunghwa dari Korea Selatan. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Presiden Korea Selatan Park Geun Hye kepada SBY di Seoul, Korea Selatan di sela-sela sidang Global Green Growth Institute (GGGI).

"Presiden Republik Korea, Park Geun-hye memberikan penghargaan tertinggi, medali The Grand Order of Mugunghwa kpd SBY," demikian yang dikicaukan akun Twitter resmi SBY, @SBYudhoyono, yang dikutip Liputan6.com, Jumat (21/11/2014).

The Grand Order of Mugunghwa merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Korsel kepada individu yang telah banyak memberikan kontribusi kepada Negeri Ginseng , termasuk dalam peningkatan hubungan bilateral dengan negara sahabat.

Selepas menjabat Presiden Republik Indonesia (RI), SBY didapuk menjadi Presiden Majelis Global Green Growth Institute (GGGI), organisasi dunia yang bertujuan meningkatkan semangat pertumbuhan hijau, sebuah paradigma yang ditandai oleh keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, dan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan, khususnya di negara-negara berkembang. GGGI bermarkas di Seoul, Korea Selatan.

SBY untuk yang kali pertama memimpin sidang GGGI di Seoul, Korea Selatan (Korsel) 18 November 2014. Menteri Luar Negeri Republik Korea, HE Yun Byung Se, serta perwakilan dari berbagai negara anggota GGGI lainnya menyatakan keyakinan dan harapannya akan kepemimpinan SBY yang dapat mengangkat inisiatif dan program-program GGGI ke level yang lebih tinggi serta meningkatkan international prominence dan relevance dari inisiatif GGGI.

Dalam pertemuan tersebut, SBY mengatakan GGGI memiliki pendekatan unik yang menggabungkan kerja sama dan komitmen berbagai aktor negara dan non-negara serta para pakar dalam pembahasan strategi pertumbuhan hijau,  yakni paradigma pertumbuhan yang ditandai dengan keseimbangan pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan.

"GGGI can not do everything, but GGGI can do a lot of things. Value added dari GGGI adalah sebagai bagian dari upaya global dalam menciptakan pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan berwawasan lingkungan," ujar SBY dalam sidang GGGI, seperti dimuat Kbriseoul.kr. (Riz/Nan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.