Sukses

Di Quebec, Polisi Bentrok dengan Demonstran

Aparat keamanan di Quebec, Kanada, terlibat bentrokan lanjutan dengan pengunjuk rasa, saat berlangsungnya KTT Benua Amerika. Bagi pengunjuk rasa, program perdagangan bebas justru merugikan kaum lemah.

Liputan6.com, Quebec: Bentrokan polisi dengan pengunjuk rasa berlanjut di Quebec, Kanada, pada saat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Amerika berlangsung, Sabtu (21/4). Para pengunjuk rasa memprotes program perdagangan bebas yang diagendakan dalam pertemuan tersebut. Bagi para pengunjuk rasa, pemberlakuan perdagangan bebas akan merugikan kaum lemah dan merusak lingkungan hidup.

Aparat keamanan setempat terpaksa menembakkan gas air mata dan menyemprotkan air ke arah kerumunan massa yang melawan dengan lemparan batu dan puluhan bom molotov. Bentrokan sengit itu terjadi tepat di depan pagar keamanan yang dipasang petugas di sekitar area KTT. Sehari sebelumnya, bentrokan serupa juga terjadi di depan pagar setinggi tiga meter itu.

Gelombang protes yang terjadi di Quebec ini memang terus menolak agenda perdagangan bebas yang dibicarakan dalam konferensi perekomian akbar Benua Amerika. Pada KTT tersebut, para pemimpin 34 negara di Benua Amerika berkumpul dengan target pengadaan zona perdagangan bebas dari lingkaran Arktik hingga Cape Horn yang diharapkan terwujud pada 2005. Walaupun pada pertemuan kemarin para peserta KTT telah menyatakan setuju atas rencana tadi, hingga kini belum diperoleh kesepakatan mengenai integrasi perekonomian.(ORS/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini