Sukses

Kejuaraan Dunia Scrabble Digelar

Seratus peserta dari 42 negara turut serta dalam kejuaraan dunia scrabble yang digelar di London, Inggris. Mereka bersaing untuk merebut hadiah sebesar US$ 15 ribu dari total hadiah US$ 25 ribu.

Liputan6.com, London: Scrabble yakni menyusun huruf hingga membentuk kata adalah salah satu permainan yang populer di dunia. Saking ngetren-nya, sejak 1991, setiap dua tahun digelar kejuaraan scrabble tingkat dunia bernama The World Scrabble Championships. Tahun ini, ibu kota Inggris, London dipilih sebagai tuan rumah. Ajang tersebut diikuti 100 peserta dari 42 negara. Juara pertama berhak membawa pulang hadiah sebesar US$ 15 ribu atau lebih dari Rp 150 juta dari total hadiah US$ 25 ribu.

Secara bergantian, setiap pemain diberi waktu 20 menit untuk menyusun kata-kata dan meraih skor setinggi-tingginya. Setiap kata disusun berdasarkan keping huruf yang diambil hingga sebanyak tujuh buah dari kantong. Kata-kata yang disusun harus tercantum dalam kamus bahasa Inggris. Jika tidak, kata tersebut dianggap tidak sah.

Dalam sejarah scrabble, kata yang pernah meraih skor tertinggi ialah caziques. Kata yang berarti kepala suku Indian barat itu disusun dokter Karl Koshnaw asal Kurdistan, Irak pada 1982. Kata tersebut meraih 392 poin. Pada kejuaraan kali ini, disangsikan ada peserta yang mampu mencapai rekor tersebut.(TOZ/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini