Sukses

Jutaan Warga AS Mengidap Migrain

Yayasan Penyakit Kepala Amerika Serikat mensinyalir sekitar 28 juta warganya menderita migrain. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengurangi makan coklat, anggur merah, dan beberapa jenis keju.

Liputan6.com, Washington DC: Yayasan Penyakit Kepala Amerika Serikat baru-baru ini menyatakan, sekitar 28 juta warga AS menderita nyeri kepala sebelah atau migrain. Salah satunya ialah Warie Brock yang dilaporkan migrain sejak remaja. Hingga kini, Brock masih harus berjuang melawan nyeri di kepala yang biasa terjadi beberapa kali dalam sebulan.

Menurut para pakar kesehatan, migrain terjadi karena pembuluh darah di otak mengembang sehingga menekan syaraf. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa rasa nyeri seperti tertusuk benda tajam. Dalam beberapa kasus, migrain dapat mengakibatkan gangguan penglihatan.

Sebagian dokter menganjurkan pasien untuk mencegah migrain dengan menghindari makan coklat, anggur merah, dan beberapa jenis keju. Diet makanan pemicu migrain ini akan lebih efektif jika dipadukan dengan olahraga teratur.

Ketika migrain telanjur menyerang, para dokter menyarankan cara terbaik mengatasi penyakit ini adalah dengan memperkecil pembuluh darah. Obat yang digunakan biasanya serupa dengan obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, depresi, atau epilepsi [baca: Obat Epilepsi Bisa Mengatasi Sakit Kepala Kronis]. Namun upaya pencegahan tetap lebih efektif karena penelitian menunjukkan, hanya dua per tiga pasien pengguna obat yang dapat sembuh.(YAN/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.