Sukses

Empat Siswa Indonesia Ikut Olimpiade Fisika Dunia

Liputan6.com, Jakarta: Andhika, Ali Sucipto, Michael Adrian, dan Purnawirman, peraih medali emas Olimpiade Fisika VI tingkat Asia di Pekanbaru, Riau, dipastikan akan melanjutkan kompetisi fisika tingkat dunia di Salamanca, Spanyol. Saat ini, mereka sedang menjalani berbagai pelatihan ilmu fisika di Jakarta.

Sebelum mengikuti kompetisi tingkat dunia, sebanyak delapan siswa Indonesia mengikuti Olimpiade Fisika tingkat Asia tersebut. Hasilnya, tujuh siswa Indonesia memperoleh medali. Empat siswa meraih medali emas, siswa lainnya mendapat dua perak dan satu perunggu.

Keempat siswa tersebut sudah dipastikan untuk langsung menjadi anggota tim Indonesia dalam olimpiade fisika di Spanyol, Juli mendatang. Sementara itu peraih perak dan perunggu masih harus menjalani seleksi untuk satu tempat tersisa. Sebab, satu tim olimpiade fisika tingkat dunia ini harus beranggotakan lima peserta.

Dari pantauan SCTV, ketujuh calon sedang menjalani beragam pelatihan, baik berupa teori maupun eksperimen, meski mereka mengaku cukup jenuh. Pelatihan intensif ini diperlukan mengingat olimpiade tingkat dunia memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Meski masih berstatus siswa SMA, kerja keras mereka sudah membuahkan hasil. Selain diikutkan pada olimpiade tingkat dunia, mereka juga sudah mendapat tawaran beasiswa dari berbagai universitas di luar negeri serta jalur khusus untuk masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia.(ZIZ/Cindy Agustina dan Kukuh Ariwibowo)