Sukses

Demo Menentang Hukuman Cambuk buat TKI

Puluhan aktivis Forum Bersama Laskar Merah Putih demo di depan Kedubes Malaysia, Kuningan, Jaksel Mereka menentang hukuman cambuk bagi TKI karena tak berprikemanusiaan.

Liputan6.com, Jakarta: Puluhan aktivis Forum Bersama Laskar Merah Putih berunjuk rasa di Kedutaan Besar Malaysia di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Mereka menentang pelaksanaan hukuman cambuk bagi tenaga kerja Indonesia di Negeri Jiran. Karena itu, pemerintah Malasyia harus segera mencabut peraturan tersebut. Jika tidak, mereka meminta pemerintah Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia [baca: Buruh Jiran Merana Sendirian].

Berdasarkan pemantauan SCTV, pengunjuk rasa terdiri dari pengurus lembaga swadaya masyarakat yang dipimpin Edy Hartawan. Mereka melakukan itu sebagai bentuk keprihatinan diterapkannya hukuman cambuk sesuai Undang-undang Keimigrasian Malaysia. Menurut demonstran, hukuman cambuk adalah pelecehan dan tak berprikemanusiaan. Padahal, Indonesia dan Malaysia masih satu rumpun.

Demonstrasi berlangsung tertib. Namun, emosi pengunjuk rasa sempat terpancing ketika pihak Kedubes Malaysia tak bersedia menemui, bahkan terkesan mengacuhkan mereka. Untungnya, polisi langsung menenangkan pengunjuk rasa.(SID/Abbas Yahya dan Hendro Wahyudi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini